Sabtu, 03 Februari 2018

Kesenian

Kesenian.  Kesenian ialah hasil proses kreasi dari masyarakat. Ketika kesenian itu masih berfungsi bagi masyarakatnya, maka selama itu pula kesenian tersebut mempunyai nilai bagi masyarakatnya baik itu nilai pendidikan, nilai religius, nilai sosial, nilai hiburan, nilai moral, nilai etika, nilai estetika dan sebagainya. Kesenian akan mempunyai nilai bagi masyarakat saat kesenian tersebut masih dibutuhkan dan berfungsi. Sebaliknya, kalau suatu karya seni sudah tidak mempunyai fungsi bagi masyarakat, maka hilanglah nilai-nilai yang ada dalam kesenian tersebut.

Kata kesenian berasal dari bahasa Sansekerta “Seni” yang artinya persembahan, pelayanan, pemdiberian. Hal itu berkaitan dengan kepentingan keagamaan yaitu kepentingan sesaji atau persembahan terhadap dewa. Dalam bahasa Jawa Kuno terdapat kata Sanidya yang artinya pemusatan pikiran, tanpa pemusatan pikiran maka tidak akan tercipta seni. melaluiataubersamaini adanya  pemusatan  pikiran  akan  memmenolong  manusia  dalam mengekspresikan pengalaman pribadinya yang indah secara pribadi yang diungkapkan lewat gerak dan sikap untuk membuat suatu bentuk kesenian.

Keseniaan ialah hasil dari unsur budaya manusia, yaitu rasa. kesenian yaitu bermain dengan menghasilkan bentuk transformasi representatif yang estetik.

Menurut Kuntjaraningrat Kesenian yaitu suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks acara dan tindakan berpola dari insan dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

Menurut william Kesenian yaitu keseluruhan sistem yang melibatkan proses penerapan imajinasi insan secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

Menurut Irving Stone Kesenian yaitu kebutuhan pokok. Seperti  roti atau anggur atau mantel hangat dimusim dingin. Mereka yang mengira kesenian yaitu barang mewah, pikirannya tidak utuh. Roh insan menjadi lapar akan kesenian ibarat halnya perutnya keroncongan minta makan.

Kesenian yaitu salah satu unsur yang keberadaanya sangat diharapkan insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kesenian ialah sesuatu yang hidup senafas dengan mekarnya rasa keindahan yang tumbuh dalam sanubari insan dari masa ke masa dan spesialuntuk sanggup dinilai dari ukuran rasa. Seni ialah kreasi bentuk-bentuk simbolis dari perasaan manusia.

Kesenian ialah bab dari budaya dan ialah masukana yang dipakai untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, kesenian juga mempunyai fungsi lain. Misalnya, mitos berfungsi memilih norma untuk sikap yang teratur serta meneruskan adab dan nilai-nilai kebudayaan. Secara umum, kesenian sanggup mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat. Kesenian yaitu suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks acara dan tindakan berpola dari insan dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

Dikutip Dari Berbagai Sumber.

0 komentar

Posting Komentar