Senin, 12 Februari 2018

Pengertian Ciri Prinsip Dan Aspek Demokrasi Pancasila

Demokrasi Pancasila tidak akan hadir, tumbuh, dan berkembang dengan sendirinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu demokrasi memerlukan perjuangan konkret setiap masyarakat dan perangkat pendukungnya yaitu budaya yang aman sebagai manifestasi dari suatu mindset (kerangka berpikir) dan setting social (rancangan masyarakat).
  1. Prof. Dardji Darmodihardjo,S.H. Demokrasi pancasila ialah Paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang perwujudannya ibarat dalam ketentuan-ketentuan ibarat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Wikipedia Demokrasi Pancasila ialah demokrasi yang mengutamakan musyawarah mufakat tanpa oposisi dalam keyakinan Manipol USDEK disebut pula sebagai demokrasi terpimpin ialah demokrasi yang berada dibawah komando Pemimpin Besar Revolusi lalu dalam keyakinan repelita yang berada dibawah pimpinan komando Bapak Pembangunan arah rencana pembangunan daripada bunyi terbanyak dalam setiap perjuangan pemecahan duduk masalah atau pengambilan keputusan, terutama dalam lembaga-lembaga Negara.
  3. Ensiklopedi Indonesia Demokrasi Indonesia berdasarkan Pancasila yang mencakup bidang-bidang politik sosial ekonomi, serta yang dalam penyelesaian masalah-masalah nasional berusaha sejauh mungkin menempuh jalan permusyawaratan untuk mencapai mufakat.
  4. Prof. dr. Drs. Notonagoro,S.H. Demokrasi pancasila ialah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan/perwakilan yang berketuhanan Yang Maha Esa, yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Demokrasi Pancasila ialah demokrasi konstitusional dengan prosedur kedaulatan rakyat dalam penyelenggaraan negara dan penyelengaraan pemerintahan berdasarkan konstitusi yaitu Undang-undang Dasar 1945.

 dan berkembang dengan sendirinya dalam kehidupan bermasyarakat Pengertian Ciri Prinsip Dan Aspek Demokrasi Pancasila

Ciri demokrasi Pancasila
  1. Pemerintah dijalankan berdasarkan konstitusi
  2. Pemilu secara berkesinambungan
  3. Peran-peran kelompok kepentingan
  4. HAM serta dukungan hak minoritas.
  5. Demokrasi Pancasila ialah kompetisi banyak sekali inspirasi dan cara untuk menuntaskan masalah. ide-ide yang paling baik akan diterima, bukan berdasarkan bunyi terbanyak.
Prinsip pokok demokrasi Pancasila
  1. Perlindungan terhadap hak asasi manusia
  2. Pengambilan keputusan atas dasar musyawarah
  3. Peradilan yang merdeka berarti tubuh peradilan (kehakiman) ialah tubuh yang merdeka, artinya terlepas dari imbas kekuasaan pemerintah dan kekuasaan lain pola Presiden, BPK, dewan perwakilan rakyat atau lainnya
  4. adanya partai politik dan organisasi sosial politik sebab berfungsi untuk menyalurkan aspirasi rakyat
  5. Pelaksanaan Pemilihan Umum
  6. Kedaulatan ialah ditangan rakyat dan dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Dasar (pasal 1 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945)
  7. Keseimbangan antara hak dan kewajiban
  8. Pelaksanaan kebebasan yang bertanggung tanggapan secara moral kepada Tuhan YME, diri sendiri, masyarakat, dan negara ataupun orang lain
  9. Menjunjung tinggi tujuan dan harapan nasional
  10. Pemerintahan berdasarkan hukum, dalam klarifikasi Undang-Undang Dasar 1945 dikatakan Indonesia ialah negara berdasarkan aturan (rechtstaat) dan tidak berdasarkan kekuasaan belaka (machtstaat). pemerintah berdasar atas sistem konstitusi (hukum dasar) tidak bersifat absolutisme (kekuasaan tidak terbatas) kekuasaan yang tertinggi berada di tangan rakyat.
Aspek Demokrasi Pancasila
  1. Aspek Material (Segi Isi/Subsrtansi) Demokrasi Pancasila harus dijiwai dan diintegrasikan oleh sila-sila lainnya. Karena itulah, pengertian demokrasi pancasila tidak spesialuntuk ialah demokrasi politik tetapi juga demokrasi ekonomi dan sosial
  2. Aspek Formal Mempersoalkan proses dan cara rakyat menunjuk wakilnya dalam badan-badan perwakilan rakyat dan pemerintahan dan bagaimana mengatur permusyawaratan wakil rakyat secara bebas, terbuka, dan jujur untuk mencapai janji bersama
  3. Aspek Normatif Mengungkapkan seperangkat norma atau kaidah yang membimbing dan menjadi kriteria pencapaian tujuan
  4. Aspek Optatif Mengetengahkan tujuan dan keinginan yang hendak dicapai
  5. Aspek Organisasi Mempersoalkan organisasi sebagai wadah pelaksaan demokrasi pancasila di mana wadah tersebut harus cocok dengan tujuan yang hendak dicapai
  6. Aspek Kejiwaan Menjadi semangat para penyelenggara negara dan semangant para pemimpin pemerintah

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Demokrasi_Pancasila

0 komentar

Posting Komentar