Senin, 12 Februari 2018

Seni

Seni. Seni sangat susah untuk dijelaskan dan juga susah dinilai. Bahwa masing-masing individu menentukan sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih sanggup dikatakan bahwa seni ialah proses dan produk dari menentukan medium, dan suatu set peraturan untuk penerapan medium itu. Seni sudah ada semenjak 60.000 tahun yang lampau. Bukti ini terdapat pada dinding-dinding gua di Prancis Selatan. Buktinya berupa lukisan yang terdapat pada dinding dengan memakai warna yang menggambarkan kehidupan insan purba. Hal ini sanggup kita lihat dari kebebasan mengubah bentuk. Satu hal yang membedakan antara karya seni manusia. Purba dengan insan Moderen ialah terletak pada tujuan penciptaannya. Seni pada mulanya ialah proses dari manusia, dan oleh alasannya itu ialah sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni sanggup dilihat dalam intisari lisan dari kreativitas manusia. Seni juga sanggup diartikan dengan sesuatu yang diciptakan insan yang mengandung unsur keindahan.

 Seni sangat susah untuk dijelaskan dan juga susah dinilai  Seni
  1. Menurut Alexander Baum Garton Seni ialah keindahan dan seni ialah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.
  2. Menurut Aristoteles Seni ialah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu ialah memalsukan alam.
  3. Menurut Immanuel Kant Seni ialah sebuah keinginan alasannya rumus rumus tidak sanggup mengihtiarkan kenyataan.
  4. Menurut Ki Hajar Dewantara Seni ialah hasil keindahan sehingga sanggup menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh alasannya itu perbuatan insan yang sanggup mempengaruhi sanggup mengakibatkan perasaan indah itu seni.
  5. Menurut Leo Tolstoy Seni ialah ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain semoga mereka sanggup mencicipi apa yang dirasakan pelukis.
  6. Menurut Sudarmaji Seni ialah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan memakai media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan petang terang
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pengertian Seni, mempunyai tiga arti antara lain:
  1. Seni diartikan halus, kecil dan halus, tipis, lembut dan yummy didengar, mungil dan elok.
  2. Keahlian membuat karya berkarakter (dilihat dari segi keindahan dan kehalusannya).
  3. Kesanggupan nalar untuk membuat sesuatu yang bernilai tinggi.

Bentuk Seni

Suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan lisan untuk memberikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin. Sekalipun demikian, banyak seniman menerima efek dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis anutan sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentu.

Baca Juga 

Seni berdasarkan media

  1. Seni yang sanggup dinikmati melalui media indera pendengaran atau (audio art), Seni musik, yaitu seni yang sanggup dinikmati melalui nada. Misalnya, pertunjukan gamelan atau piano. Seni sastra, yaitu seni yang sanggup dinikmati melalui kata. Misalnya, pembacaan puisi atau drama. Seni suara, yaitu seni yang sanggup dinikmati melalui nada dan kata. Misalnya, pertunjukan band.
  2. Seni yang dinikmati dengan media penglihatan (Visual art)) misal seni visual antara lain sebagai diberikut. Seni dua dimensi yang mencakup garis, cahaya, warna, bentuk, dan gerak. Misalnya, seni lukis, seni grafis, dan sinematografi Seni tiga dimensi yang mencakup ruang dan wujud yang sanggup dicoba. Misalnya, seni patung, arsitektur, seni tari, dan pantomim.
  3. Seni yang dinikmati melalui media penglihatan dan indera pendengaran (audio visual art) misal seni audiovisual antara lain sebagai diberikut. Seni tari ialah perpaduan gerak dan nada. Seni drama ialah perpaduan gerak, kata, dan visual. Seni opera ialah perpaduan gerak, nada, dan visual.

Kategori seni

  1. Teori Mimesis yang disampaikan oleh para filsuf Yunani Kuno menyerupai Plato dan Aristoteles, berdasarkan teori ini, seni ialah tiruan atau menirukan alam.
  2. Teori Ekspresi Seni Modern, Seni ialah ungkapan emosi atau ungkapan perasaan seniman.
  3. Teori Cita Rasa, seni bukanlah keindahan, tetapi ialah pengalaman atau perasaan seseorang.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Seni
myminong.wordpress.com

0 komentar

Posting Komentar