Senin, 06 Agustus 2018

Pengertian Elastisitas Permintaan

Pengertian Elastisitas Permintaan Dalam analisis ekonomi, secara teori maupun praktek sehari-hari, sangat mempunyai kegunaan untuk mengetahui hingga sejauh mana responsifnya undangan terhadap perubahan harga. Oleh lantaran itu perlu dikembangkan satu pengukuran kuantitatif  yang menawarkan sampel dimana besarnya dampak perubahan harga terhadap perubahan permintaan. Ukuran ini dinamakan elastisitas permintaan.

Definisi Elastisitas Permintaan

Pengertian Elastisitas undangan ialah ukuran besarnya respons jumlah undangan suatu barang terhadap perubahan variable yang mempengaruhi, dihitung sebagai perubahan persentase jumlah undangan dibagi dengan perubahan persentase variable yang mempengaruhi atau dengan kata lain perbandingan (rasio) antara persentase perubahan jumlah barang yang diminta dengan persentase perubahan harga. melaluiataubersamaini demikian elastisitas undangan mengukur derajat kepekaan perubahan jumlah yang diminta terhadap perubahan harga.

Pengertian Elastisitas undangan ialah ialah suatu konsep yang dipakai untuk mengukur derajat kepekaan perubahan jumlah kualitas barang yang dibeli sebagai jawaban perubahan faktor yang mempengaruhi. intinya ada tiga variabel utama yang mempengaruhi, antara lain elastisitas harga permintaan, elastisitas silang dan elastisitas pendapatan

Penentu Elastisitas Permintaan

  1. Tersedianya Barang Substitusi yang Terdekat. Barang-barang dengan substitusi terdekat cenderung mempunyai undangan yang lebih lentur lantaran mempergampang para konsumen untuk mengganti barang tersebut dengan yang lain. Misalnya, mentega  dan margarin ialah barang yang praktis diganti dengan yang lain. Kenaikan harga mentega sedikit saja, jikalau harga margarin tetap, akan menyebabkan jumlah mentega yang terjual turun dratis. Sebaliknya, lantaran telur ialah makanan tanpa substitusi dekat, maka undangan akan telur tidak seelastis undangan akan mentega.
  2. Kebutuhan versus Kemewahan. Kebutuhan cenderung mempunyai undangan yang inelastic, sebaliknya kemewahan mempunyai undangan yang elastis. Ketika biaya berobat ke dokter meningkat, oreng tidak akan secara dramatis mengubah frekuensi mereka ke dokter, meskipun mungkin tidak sesering sebelumnya.
  3. Pasar. Elastisitas undangan dalam segala jenis pasar bergantung pada bagaimana kita menggambarkan batas-batas pasar. Pasar yang terdefinisi sempit cenderung mempunyai undangan yang lebih lentur dibandingkan yang terdefinisi luas, lantaran lebih praktis menemukan substitusi untuk barang-barang yang terdefinisi secara sempit.
  4. Rentang Waktu. Barang-barang cenderung mempunyai undangan yang lebih lentur selama kurun waktu yang lebih panjang. Ketika harga bensin naik, jumlah undangan bensin spesialuntuk sedikit mengalami kemerosotan pada beberapa bulan pertama. Namun setelah itu, bagaimanapun juga, orang-orang akan membeli mobil-mobil yang lebih hemat materi bakar, memakai transportasi umum, dan pindah ke daerah kerja yang lebih erat dengan daerah tinggal mereka.

Dikutip dari aneka macam sumber

0 komentar

Posting Komentar