Senin, 17 September 2018

Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya

Pengertian Biaya Pemamasukan Serta Fungsi Dan Penggolongannya. Alasan yang penting bagi perusahaan untuk memprioritaskan pemamasukan ialah sebab pemamasukan memainkan kepingan yang besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, satu alasan penting lainnya ialah pemamasukan mendorong terjadinya riset dan inovasi, pengembangan dan penyebaran ide-ide, barang dan jasa baru. Gain Pemamasukan atau marketing ialah kunci keberhasilan suatu bisnis. Berikut ialah klarifikasi seputar pengertian biaya pemamasukan, Penggolongan Biaya Pemamasukan.

Definisi Biaya Pemamasukan

Dalam arti sempit biaya pemamasukan spesialuntuk mencakup biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menjual produk ke pasar.

Dalam arti luas biaya pemamasukan mencakup tiruana biaya yang terjadi semenjak dikala produk akibat diproduksi dan disimpan dalam gudang hingga dengan produk tersebut diubah kembali dalam bentuk uang tunai.

Menurut Mulyadi Biaya Pemamasukan ialah biaya yang mencakup tiruana biaya yang terjadi dikala produk akibat diproduksi dan disimpan dalam gudang hingga produk tersebut diubah kembali dalam bentuk uang tunai.

Sedangkan berdasarkan Supriyono, biaya pemamasukan ialah sebagai diberikut : “Biaya pemamasukan ialah mencakup tiruana biaya dalam rangka menyelenggarakan kegiatan pemamasukan.”

Hansen dan Mowen yang diterjemahkan oleh Thomson Learning menyatakan bahwa biaya pemamasukan ialah biaya-biaya yang dibutuhkan untuk memasarkan, mendistribusikan, dan melayani produk atau jasa.

Karakteristik Biaya Pemamasukan

  1. Banyak ragam kegiatan pemamasukan ditempuh oleh perusahaan dalam memasarkan produknya, sehingga perusahaan yang sejenis produknya belum tentu menempuh cara pemamasukan yang sama.
  2. Kegiatan pemamasukan sering mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan perubahan kondisi pasar.
  3. Kegiatan pemamasukan berhadapan dengan konsumen yang ialah variabel yang tidak sanggup dikendalikan oleh perusahaan. Manajemen sanggup mengendalikan biaya tenaga kerja, biaya materi baku, jam kerja dan jumlah mesin yang dipakai tetapi tidak seorangpun sanggup menyampaikan apa yang akan dilakukan oleh konsumen.
  4. Dalam biaya pemamasukan terdapat biaya tidak eksklusif dan biaya bersama (joint cost) yang lebih susah pemecahannya kalau dibandingkan dengan yang terdapat dalam biaya produksi.”

Fungsi Biaya Pemamasukan

Biaya pemamasukan dalam operasi sehari-hari perusahaan mempunyai fungsi yang bermacam-macam, tergantung dari sifat perjuangan dari perusahaan itu sendiri, ukuran serta metode operasi. Diantaranya ialah memmenolong meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mendapat pendapatan terus pada periode menhadir dan memdiberi nilai tambah bagi perusahaan. Setiap fungsi ialah unit yang homogen, dimana acara sanggup dihubungkan dengan kepingan khusus dari biaya pemamasukan.

Penggolongan Biaya Pemamasukan

  1. Biaya untuk mendapat pesanan ( order getting costs). Yaitu tiruana dikeluarkan dalam perjuangan untuk memperoleh pesanan. misal biaya yang termasuk dalam golongan ini ialah biaya wiraniaga ( salesperson),komisi penjualan, advertensi, dan promosi
  2. Biaya untuk memenuhi pesanan ( order filling costs). Yaitu tiruana biaya yang dikeluarkan untuk mengusahakan supaya supaya produk hingga ke tangan pembeli dan biaya-biaya untuk mengumpulkan piutang dari pembeli. misal biaya yang termasuk dalam golongan ini ialah biaya pergudangan, biaya pembungkusan dan pengiriman, biaya angkutan, dan biaya penagihan.

Penggolongan Biaya Menurut Fungsi Pemamasukan

  1. Biaya Penjualan. Biaya penjualan terdiri dari biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pemenuhan pesanan yang diterima dari pelanggan. Biaya penjualan terdiri dari penghasilan karyawan kepingan penjualan, biaya depresiasi, biaya kantor, sewa kantor dan biaya perjalanan salesmen.
  2. Biaya Advertensi. Biaya advertensi ialah biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan pemamasukan dan pelaksanaan kegiatan order-getting melalui kegiatan promosi. Biaya advertensi terdiri dari penghasilan karyawan kepingan advertensi, biaya iklan, biaya pameran, biaya promosi, biaya referensi (sampel, model) dan lain-lain.
  3. Biaya Pergudangan. Biaya pergudangan ialah biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan yang bekerjasama dengan pemenuhan pemesanan. Biaya pergudangan terdiri dari penghasilan karyawan kepingan gudang, biaya depresiasi gudang dan biaya sewa gudang.
  4. Biaya Pembungkusan dan Pengiriman. Biaya pembungkusan dan pengiriman ialah biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan pembungkusan pesanan hingga pesanan tersebut dikirim kepada pembeli. Biaya pembungkusan dan pengiriman terdiri dari penghasilan karyawan kepingan pembungkusan dan pengiriman, biaya materi untuk membungkus, biaya eksploitasi truk, biaya depresiasi kendaraan, biaya pengiriman dan biaya angkut.
  5. Biaya Pemdiberian Kredit. Biaya pemdiberian kredit dan penagihan terdiri dari biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pemantauan kemampuan keuangan pelanggan dan penagihan piutang kepada pelanggan. Biaya pemdiberian kredit dan penagihan terdiri dari penghasilan karyawan kepingan penagihan, kerugian pembatalan piutang tak tertagih, potongan tunai.
  6. Biaya Administrasi Penjualan. Biaya kepingan manajemen terdiri dari kepingan manajemen penjualan, supplies kantor, penyusutan peralatan, reparasi dan pemeliharaan peralatan.

Teknik Analisis Biaya Pemamasukan

  1. Analisis biaya pemamasukan berdasarkan jenis biaya atau obyek pengeluaran. Biaya dipecah sesuai dengan jenis-jenis biaya pemamasukan seperti: penghasilan biaya iklan, biaya perjalanan, biaya depresiasi peralatan kantor, biaya operasi dan pemeliharaan truk, dan sebagainya.
  2. Analisis biaya pemamasukan berdasarkan fungsi pemamasukan. Fungsi pemamasukan ialah suatu kegiatan pemamasukan yang memerlukan pengeluaran biaya. Analisis biaya pemamasukan berdasarkan fungsi pemamasukan bertujuan untuk pengendalian biaya dan untuk analisis biaya pemamasukan berdasarkan perjuangan pemamasukan.
  3. Analisis biaya pemamasukan berdasarkan perjuangan pemamasukan. Adalah. berdasarkan jenis produk, berdasarkan kawasan pemamasukan, berdasarkan besar pesanan dan berdasarkan kanal distribusi.

0 komentar

Posting Komentar