Pengertian Rapat Serta Kegunaan Dan Teknik Mempersiapkannya. Rapat ialah salah satu bentuk komunikasi yang dihadiri oleh beberapa orang untuk membicarakan dan memecahkan permasalahan yang ada untuk memperoleh hasil yang sudah disahkan bersama. melaluiataubersamaini adanya rapat, banyak sekali problem sanggup dipecahkan Oleh lantaran itu, rapat ialah salah satu kegiatan yang vital dalam suatu perusahaan dan memerlukan persiapan yang baik pula. Berikut yaitu klarifikasi seputar pengertian rapat, cara mempersiapkan rapat dan kegunaan rapat.
Menurut Agus M. Hardjana menyatakan bahwa “rapat yaitu pertemuan sejumlah orang di suatu kawasan dalam jangka waktu tertentu, untuk mengulas sesuatu hal secara bersama.”
Dalam Webster's New World Dictionary, rapat diartikan pertemuan orang-orang; suatu sidang yakni kumpulan orang-orang terutama untuk mengulas atau memutuskan persoalan-persoalan.
Menurut The Liang Gie merumuskan rapat ialah pertemuan antara para anggota di lingkungan organisasi sendiri untuk merundingkan atau menuntaskan suatu perkara yang menyangkut kepentingan bersama.
Menurut Rumsari Hadi Sumarto dan Lukas Dwiantara rapat ialah bentuk komunikasi yang dihadiri beberapa orang untuk membicarakan dan memecahkan perkara tertentu.
Rapat ialah pertemuan atau berkumpulnya minimal dua orang atau lebih untuk memutuskan suatu tujuan. Rapat juga sanggup dijadikan sebagai media untuk berkomunikasi antar insan atau pimpinan kantor dengan staffnya.
Rapat juga sanggup diartikan sebagai kumpulan sekelompok orang yang besifat formal dengan melibatkan empat orang atau lebih dengan tujuan untuk berkomunikasi, perencanaan, penetapan kebijakan, pengambilan keputusan, dan pemdiberian motivasi.
Rapat (conference atau meeting ) ialah alat/media komunikasi kelompok yang bersifat tatap muka dan sangat penting, diselenggarakan oleh banyak organisasi, baik swasta maupun pemerintah untuk mendapatkan mufakat melalui musyawarah untuk pengambilan keputusan. Kaprikornus rapat ialah bentuk komunikasi yang dihadiri oleh beberapa orang untuk membicarakan dan memecahkan permasalahan tertentu, dimana melalui rapat banyak sekali permasalahan sanggup dipecahkan dan banyak sekali budi organisasi sanggup dirumuskan.
Secara umum Rapat ialah suatu bentuk proses berfikir bersama, menyelenggarakan suatu pertemuan untuk membicarakan suatu perkara yang menyangkut kepentingan bersama.
Definisi Rapat
Rapat ialah salah satu bentuk komunikasi tatap muka yang diselenggarakan oleh perusahaan untuk membicarakan, merundingkan dan memutuskan suatu perkara menurut komitmen bersama. melaluiataubersamaini adanya rapat, sanggup menuntaskan permasalahan-permasalahan yang terjadi.Menurut Agus M. Hardjana menyatakan bahwa “rapat yaitu pertemuan sejumlah orang di suatu kawasan dalam jangka waktu tertentu, untuk mengulas sesuatu hal secara bersama.”
Dalam Webster's New World Dictionary, rapat diartikan pertemuan orang-orang; suatu sidang yakni kumpulan orang-orang terutama untuk mengulas atau memutuskan persoalan-persoalan.
Menurut The Liang Gie merumuskan rapat ialah pertemuan antara para anggota di lingkungan organisasi sendiri untuk merundingkan atau menuntaskan suatu perkara yang menyangkut kepentingan bersama.
Menurut Rumsari Hadi Sumarto dan Lukas Dwiantara rapat ialah bentuk komunikasi yang dihadiri beberapa orang untuk membicarakan dan memecahkan perkara tertentu.
Rapat ialah pertemuan atau berkumpulnya minimal dua orang atau lebih untuk memutuskan suatu tujuan. Rapat juga sanggup dijadikan sebagai media untuk berkomunikasi antar insan atau pimpinan kantor dengan staffnya.
Rapat juga sanggup diartikan sebagai kumpulan sekelompok orang yang besifat formal dengan melibatkan empat orang atau lebih dengan tujuan untuk berkomunikasi, perencanaan, penetapan kebijakan, pengambilan keputusan, dan pemdiberian motivasi.
Rapat (conference atau meeting ) ialah alat/media komunikasi kelompok yang bersifat tatap muka dan sangat penting, diselenggarakan oleh banyak organisasi, baik swasta maupun pemerintah untuk mendapatkan mufakat melalui musyawarah untuk pengambilan keputusan. Kaprikornus rapat ialah bentuk komunikasi yang dihadiri oleh beberapa orang untuk membicarakan dan memecahkan permasalahan tertentu, dimana melalui rapat banyak sekali permasalahan sanggup dipecahkan dan banyak sekali budi organisasi sanggup dirumuskan.
Secara umum Rapat ialah suatu bentuk proses berfikir bersama, menyelenggarakan suatu pertemuan untuk membicarakan suatu perkara yang menyangkut kepentingan bersama.
Langkah Mempersiapkan Rapat
- Membuat daftar acara;
- Membuat undangan;
- Mempersiapkan materi rapat;
- Mempersiapkan peralatan rapat;
- Membuat catatan rapat;
- Mengirimkan catatan hasil rapat;
- Melakukan pekerjaan-pekerjaan tindak lanjut.
Tujuan Rapat
- Untuk memdiberi informasi. Artinya rapat yang bertujuan untuk memberikan penelasan ataupun isu kepada penerima rapat.
- Untuk melaksanakan kerja sama. Perusahaan sangat memerlukan kolaborasi yang solid baik itu antara sesama karyawan maupun dengan perusahaan lain. contohnya rapat yang diselenggarakan oleh perusahaan yang bergerak dalam pembuatan pakaian berkeinginan untuk melaksanakan kerjasama dengan pabrik benang.
- Untuk mengatasi permasalahan. Umumnya kegunaan rapat yaitu untuk memecahkan suatu permasalahan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut diperlukan partisipasi aktif dari para penerima rapat.
- Untuk memenuhi peraturan. Perusahaan tertentu membuat kebijakan untuk melaksanakan rapat dalam periode yang sudah ditentukan, hal ini harus dipenuhi semoga perkembangan perusahaan tersebut sanggup terpantau.
Syarat Rapat
- Suasana terbuka artinya setiap penerima siap mendapatkan isu yang hadir dari siapa pun.
- Berpartisipasi penuh artinya setiap penerima aktif ambil bab dalam proses rapat tersebut.
- Bimbingan dan kontrol artinya setiap penerima selalu terkontrol dan terarah lantaran ada bimbingan dan pengawasan dari pemimpin rapat.
- Ada argumentasi artinya di dalam mencari kebenaran bukan kemenangan yang diutamakan melainkan adanya argumentasi yang aktif dan baik.
- Pernyataan singkat artinya penyampaian isu atau pemdiberian tanggapan dalam bentuk pernyataan yang singkat terang serta pribadi menuju samasukan.
- Menghindari “klik” kelompok artinya tidakboleh hingga suatu kelompok memonopoli pembicaraan dan memaksakan pendapat kepada kelompok lain, tiruana pihak memiliki hak mengeluarkan pendapat.
- Ada kesimpulan artinya tiruana penerima harus bisa membuat kesimpulan/keputusan yang diterima dan akan dilaksanakan bersama dengan penuh tanggung jawaban.
0 komentar
Posting Komentar