Jumat, 21 Desember 2018

Facebook

Sejarah Fecebook Mark Zuckerberg membuat Facemash, penlampau Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 saat berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini menyerupai dengan Hot or Not, dan memakai "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna menentukan yang mana yang paling seksi".

Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bab jaenteng komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak mempunyai "buku wajah" (direktori meliputi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarikdanunik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.

Situs ini eksklusif diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh manajemen Harvard. Zuckerberg dieksekusi alasannya ialah menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, sanksi tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek pertamanya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada mitra sekelasnya, dan mereka mulai saling menyebarkan catatan.

Pada semester diberikutnya, Zuckerberg mulai menulis instruksi untuk situs web gres pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson ihwal kejadian Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang pertamanya berada di situs web TheFacebook.com.

Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka biar mereka percaya ia memmenolong mereka membuat jejaring sosial berjulukan HarvardConnection.com, sementara ia memakai ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan aturan terhadap Zuckerberg yang alhasil diselesaikan.

Keanggotaan pertamanya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk memmenolong mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale.  Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook diinkorporasikan pada isu terkini gerah 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memdiberi masukan kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan sentra operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini mendapatkan investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.[29] Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.

Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaenteng sekolah menengah membutuhkan ajakan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka sudah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga mempersembahkan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor sentra internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook menyampaikan bahwa mereka mengalami arus kas faktual untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, berdasarkan SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook sudah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.

Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.  Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas aneka macam macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai bab dari upayanya mendorong keamanan siber.

Pada pertama 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California. Statistik DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis bulan Desember 2011, Facebook ialah situs web yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.

Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko bergerak daring yang menjual aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Toko ini tersedia untuk pengguna web bergerak iPhone, Android. Pada bulan April, Facebook membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1 ($1 tahun 2014) miliar. Pada pertama Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial. Facebook, Inc. mengadakan penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham pertama $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum gres terbesar sepanjang sejarah. Sesudah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menyebabkan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat. Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap berada di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rujung gres dalam hal volume perdagangan IPO. Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai menyidik pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa asumsi pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh pemegang saham.

Pengertian Facebook
Facebook ialah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook mempunyai lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya memakai telepon genggam.  Pengguna harus mendaftar sebelum sanggup memakai situs ini. Sesudah itu, pengguna sanggup membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai kawan, dan bertukar pesan, termasuk pemdiberitahuan otomatis saat mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna sanggup bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan daerah kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan kawan-kawan mereka ke dalam daftar menyerupai "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama mitra sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini pertamanya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan alhasil untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, berdasarkan survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang mempunyai akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.

Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak dipakai berdasarkan jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" selesai dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu mitra kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook mempunyai 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat mempunyai akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.

Nama layanan ini berasal dari nama buku yang didiberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak manajemen universitas di Amerika Serikat dengan tujuan memmenolong mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Fungsi Facebook sebagai Media Pembelajaran
Menurut Hengky Alexander Mangkulo (2010: 49), sebelum memakai Facebook sebagai media yang akan dipakai menjadi masukana penunjang proses berguru mengajar, terlebih lampau dibentuk sebuah desain fungsi yang sanggup diaplikasikan pada sistem pembelajaran online
yaitu sebagai diberikut

Fungsi untuk penyampaian bahan pelajaran
Banyak cara yang ditawarkan Facebook untuk memberikan bahan yang bekerjasama dengan suatu pokok bahasan dari sebuah mata pelajaran, beberapa cara tersebut ialah dengan share link/photo/video, membuat status yang relevan dengan pokok bahasan materi, dan membuat resume pokok bahasan bahan dengan fitur noteatau docs pada group.

Fungsi untuk jadwal pelajaran dan ujian
Guru sanggup membuat jadwal pelajaran dan jadwal ujian atau penilaian secara online dengan memakai Facebook . melaluiataubersamaini adanya fungsi ini, siswa sanggup melihat jadwal kapan saja dan dimana saja. Pembuatan jadwal tersebut dengan cara memakai aplikasi jadwal yang bergambar kalender yang ada pada akun Facebook.

Fungsi untuk melaksanakan diskusi
Facebook sanggup dilakukan sebagai masukana untuk melaksanakan diskusi baik antara guru dengan siswa, maupun siswa dengan siswa. Dalam diskusi tersebut sanggup dibahas aneka macam topik yang bekerjasama dengan bahan mata pelajaran yang dibahas di sekolah. melaluiataubersamaini adanya Facebook , diskusi bahan pelajaran sanggup dilakukan dimana saja dan kapan saja. Menurut Linta ng Patria dan Kristianus Yulianto (2010: 10), interaksi (diskusi) pada Facebook sanggup dilakukan dengan cara-cara diberikut:
  1. Asynchronous (pengajar dan pembelajar tidak berada dalam waktu yang bersamaan) Melalui fitur message dan Melalui fitur comment
  2. Synchronous (pengajar dan pembelajar berada dalam waktu yang bersamaan) Interaksi ini dilakukan melalui fitur chatting yang ada pada Facebook. melaluiataubersamaini begitu, baik guru maupun siswa sanggup dengan simpel berdiskusi maupun bertukar informasi.

Fitur Facebook sebagai Media Pembelajaran
Banyak fitur yang ditawarkan Facebook sebagai layanan yang sanggup dipakai oleh user dalam rangka megampangkan interaksi. Jika ditelaah lebih dalam, beberapa diantaranya sanggup di manfaatkan sebagai media pembelajaran. Disadur dari penelitian Lintang Patria dan Kristianus Yulianto (2010: 10), fitur-fitur tersebut adalah:
  1. Fitur Group Layanan situs jejaring sosial Facebook dalam bentuk fitur group ini megampangkan dalam mengelompokkan sebuah kelas atau mata pelajaran tertentu. Kelompok yang sudah ada dalam satu group sanggup dengan simpel berdiskusi alasannya ialah kesamaan tujuan. Selain itu, dengan adanya fitur group , megampangkan dalam hal koordinasi, dan bertukar informasi terkena pelajaran.
  2. Fitur update status dan comment wall-to-wall Fitur ini ialah interaksi asynchronous, yaitu interaksi dua arah secara tidak eksklusif dimana komunikasi ini akan terdokumentasi berdasar topik bahasan dan terurut secara waktu.
  3. Fitur note atau docs pada group Fitur ini sangat megampangkan guru dalam membuat dokumen gres pada Facebook, baik berupa resume terkena bahan yang sedang dipelajari atau memberikan informasi dengan lebih terstruktur dan rapi tanpa perlu membuka link baru.
  4. Fitur share link/photo/video Tujuan dari fitur ini ialah megampangkan user dalam menyebarkan informasi. Guru sanggup dengan simpel menyebarkan link/photo/video yang memuat content terkena pelajaran yang diampunya. Hal ini megampangkan anakdidik untuk mendapatkan sumber berguru yang terpercaya.
  5. Fitur Group Chatting Aktivitas yang dilakukan pada fitur ini ialah interaksi dua arah secara eksklusif atau yang disebut dengan synchronous yang terjadi pada sebuah group. Fitur ini ialah layanan yang paling megampangkan proses diskusi maupun bertukar informasi dengan cepat alasannya ialah anggota group sanggup diberinteraksi secara eksklusif dengan sesama Anggota group tersebut yang sedang online

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook

0 komentar

Posting Komentar