@ Pengertian Tugas yaitu sesuatu yg wajib dikerjakan atau sesuatu perintah yang sudah ditentukan untuk dilakukan, Pekerjaan yang menjadi tanggung balasan seseorang, Pekerjaan yang dibebankan, dan hendaklah dijalankan sesuai dengan fungsi masing-masing.
Konteks kiprah
Tugas ialah wujud pertanggungjawabanan individu ataupun organisasi. Selain tugas, ada status, fungsi dan kiprah berdasarkan hirarki.
Tugas juga sanggup diartikan sebagai suatu pekerjaan dan tanggung balasan seseorang. Pekerjaan yang dibebankan, sesuatu yang wajib dilakukan atau ditentukan untuk perintah biar melaksanakan sesuatu dalam jabatan tertentu.
misal penerapan kiprah dalam organisasi yaitu Adanya ialah kegiatan yang sudah direncanakan dalam sebuah organisasi. Tanpa organisasi mustahil seseorang sanggup melaksanakan pekerjaan.Pekerjaan yang dimaksud yaitu disini yaitu kiprah atau perintah yang didiberikan oleh atasan kepada bawahan sebagai tanggungjawaban dalam suatu jabatan/ bidang dalam sebuah organisasi.
Dalam klarifikasi diatas sanggup diambil kesimpulan bahwa kiprah yaitu pekerjaan seseorang dalam organisasi atas pemdiberian dalam sebuah jabatan. Sehingga dalam menjalankan tugasnya, seseorang sanggup memahami kiprah dan fungsi kerja dengan baik dan sesuai hukum yang berlaku pada organsasi tersebut.
Oleh karna itu dalam melaksanakan kiprah dan tanggungjawaban dalam jabatan organisasi. Perlu adanya kolaborasi dengan bidang – bidang lain. Ini dimaksudkan Dalam melaksanakan tugas, setiap bidang di organisasi harus mempunyai garis koordinasi dan kolaborasi yang baik untuk mencapai tujuan yang sudah diputuskan bersama.
Tugas juga sanggup diartikan sebagai suatu pekerjaan dan tanggung balasan seseorang. Pekerjaan yang dibebankan, sesuatu yang wajib dilakukan atau ditentukan untuk perintah biar melaksanakan sesuatu dalam jabatan tertentu.
misal penerapan kiprah dalam organisasi yaitu Adanya ialah kegiatan yang sudah direncanakan dalam sebuah organisasi. Tanpa organisasi mustahil seseorang sanggup melaksanakan pekerjaan.Pekerjaan yang dimaksud yaitu disini yaitu kiprah atau perintah yang didiberikan oleh atasan kepada bawahan sebagai tanggungjawaban dalam suatu jabatan/ bidang dalam sebuah organisasi.
Dalam klarifikasi diatas sanggup diambil kesimpulan bahwa kiprah yaitu pekerjaan seseorang dalam organisasi atas pemdiberian dalam sebuah jabatan. Sehingga dalam menjalankan tugasnya, seseorang sanggup memahami kiprah dan fungsi kerja dengan baik dan sesuai hukum yang berlaku pada organsasi tersebut.
Oleh karna itu dalam melaksanakan kiprah dan tanggungjawaban dalam jabatan organisasi. Perlu adanya kolaborasi dengan bidang – bidang lain. Ini dimaksudkan Dalam melaksanakan tugas, setiap bidang di organisasi harus mempunyai garis koordinasi dan kolaborasi yang baik untuk mencapai tujuan yang sudah diputuskan bersama.
Analisa Tugas
Adalah proses menganalisa bagaimana insan melaksanakan kiprah dengan sistem yang ada
Teknik (pendekatan) untuk analisa tugas:
Teknik (pendekatan) untuk analisa tugas:
- Dekomposisi tugas, memilah kiprah ke sub kiprah beserta urutan pelaksanaannya
- Teknik berbasis pengetahuan, melihat apa yang harus diketahui oleh user wacana objek dan agresi yang terlibat dalam kiprah dan bagaimana pengetahuan itu diorganisasikan
- Analisa berbasis relasi-entitas, pendekatan berbasis objek, dimana penekanannya pada identifikasi pemain drama dan objek, kekerabatan dan agresi yang dilakukan
Analisa kiprah dikhususkan untuk mengenali kepentingan user.
- Beberapa aspek analisa kiprah sangat seolah-olah dengan model kognitif berorientasi-goal.
- Analisa kiprah cenderung lebih melihat pada apa yang harus dilakukan oleh user sedangkan pada model kognitif lebih melihat pada proses kognitif internal seseorang dalam melaksanakan pekerjaannya (internal mental state), maka granularitasnya biasanya lebih kecil dibandingkan analisa kiprah
Metode Pemdiberian Tugas Dalam Belajar Mengajar
Metode pemdiberian kiprah Biasanya seorang guru mempersembahkan kiprah itu sebagai pekerjaan rumah. Akan tetapi ada perbedaan antara pekerjaan rumah dan pemdiberian kiprah Untuk pekerjaan rumah, guru menyuruh membaca buku dirumah dengan kata lain mencari rujukan diluar dari sekolah, sedangkan dalam pemdiberian kiprah guru menyuruh membaca. Untuk menambah menambah kiprah .
Dari klarifikasi diatas pengertian kiprah jauh lebih luas dari pekerjaan rumah alasannya metode pemdiberian kiprah didiberikan dari guru kepada siswa untuk diselesaikan dan dipertanggung jawabankan. Siswa sanggup menuntaskan di sekolah, atau dirumah atau di daerah lain yang kiranya sanggup menunjang penyelesaian kiprah tersebut, baik secara individu atau kelompok. Tujuannya untuk melatih atau menunjang terhadap bahan yang didiberikan dalam kegiatan intra kurikuler, dan juga melatih tanggung balasan akan kiprah yang didiberikan.
Dari klarifikasi diatas pengertian kiprah jauh lebih luas dari pekerjaan rumah alasannya metode pemdiberian kiprah didiberikan dari guru kepada siswa untuk diselesaikan dan dipertanggung jawabankan. Siswa sanggup menuntaskan di sekolah, atau dirumah atau di daerah lain yang kiranya sanggup menunjang penyelesaian kiprah tersebut, baik secara individu atau kelompok. Tujuannya untuk melatih atau menunjang terhadap bahan yang didiberikan dalam kegiatan intra kurikuler, dan juga melatih tanggung balasan akan kiprah yang didiberikan.
Hal yang harus diperhatikan dalam pemdiberian kiprah ;
- Tujuan penugasan
- Bentuk pelaksanaan tugas
- Manfaat tugas
- Bentuk Pekerjaan
- Tempat dan waktu penyelesaian tugas
- Memdiberikan bimbingan dan dorongan
- Memdiberikan penilaian
Jenis kiprah yang didiberikan oleh guru dalam proses berguru mengajar :
- Tugas membuat rangkuman
- Tugas membuat makalah
- Menyelesaikan soal
- Tugas mengadakan observasi
- Tugas mempraktekkan sesuatu
- Tugas mendemonstrasikan observasi
Kelebihan Metode Pemdiberian Tugas
Metode pemdiberian kiprah ini dalam pelaksanaannya mempunyai beberapa kelebihan disamping juga mempunyai beberapa kelemahan. Adapun kelebihan metode pemdiberian tugas diantaranya yaitu Metode ini ialah aplikasi pengajaran modern disebut juga azas acara dalam mengajar yaitu guru mengajar harus merangsang siswa biar melaksanakan banyak sekali acara sehubungan dengan apa yang dipelajari, sehingga :
- Dapat memupuk rasa percaya diri sendiri
- Dapat membina kebiasaan siswa untuk mencari, mengolah menginformasikan dan dan mengkomunikasikan sendiri.
- Dapat mendorong belajar, sehingga tidak cepat bosan
- Dapat membina tanggung balasan dan disiplin siswa
- Dapat menyebarkan kreativitas siswa
- Dapat menyebarkan contoh berfikir dan ketrampilan anak.
Kelemahan metode pemdiberian tugas
- Tugas tersebut susah dikontrol guru kemungkinan kiprah itu dikerjakan oleh orang lain yang lebih jago dari siswa.
- Sulit untuk sanggup memenuhi pemdiberian tugas
- Pemdiberian kiprah terlalu sering dan banyak, akan sanggup menimbulkan keluhan siswa,
- Dapat menurunkan minat berguru siswa jikalau kiprah terlalu susah
- Pemdiberian kiprah yangmonoton sanggup menimbulkan kebosanan siswa apabila terlalu sering.
- Khusus kiprah kelompok juga susah untuk dinilai siapa yang aktif.
- Demikianlah sedikit ulasan wacana metode pemdiberian tugas. Semoga bermanfaa. Ada banyak sekali metode pembelajaran yang akan saya tuliskan sehabis metode pemdiberian tugas. Selamat menjadi guru yang baik dan profesional.
Referensi :
http://wijayalabs.wordpress.com/2014/08/
http://wijayalabs.wordpress.com/2014/08/
0 komentar
Posting Komentar