Dan Fungsi Dari Supervisi pendidikan. Supervisi pendidikan dalam pengertian secara makro yakni suatu ilmu yang mempelajari bagaimana membina sumber daya insan yang ada pada pelaksana pendidikan (guru) untuk ditata sesuai dengan tujuan yang sudah diputuskan sesuai akad bersama dan dijalankan oleh supervisor pendidikan (Kepala Sekolah).
Langkah-langkah Supervisi Pendidikan
Supervisi pendidikan mencakup beberapa aspek acara pengamatan, pengawasan, dan training terhadap sumber dayamanusia. Dalam keterangan diatas supervisi pendidikan memposisikan diri sebagai suatu keseluruhan proses kerjasama antara kepala sekolah dan guru dalam mengelola sumber daya insan guna meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
Fungsi utama supervisi pendidikan yakni berbagi situasi berguru mengajar menjadi lebih baik melalui beberapa training dan peningkatan profesi belajar. melaluiataubersamaini pemdiberian bimbingan dibutuhkan guruyang disupervisi bisa meningkatkan mutu dan kualitas pengajarannyamenjadi lebih baik. Fungsi dan pelaksanaan supervisi pendidikan tersebutialah suatu ketentuan yang dibutuhkan sanggup mencapai tujuan pendidikan yang lebih produktif. Yang mana kriteria keberhasilan sebuahsupervisi pendidikan dilihat dari keberhasilan guru dalam meningkatkan produktifitas sumber dayanya guna menjadi guru yang profesional.
Sumber Referensi
http://www.academia.edu/4504605/SUPERVISI_PENDIDIKAN
.
Langkah-langkah Supervisi Pendidikan
- Melaksanakan pertemuan penlampauan yakni membuat suasana kekeluargaan yang intim antara guru dengan supervisor semoga komunikasi selama acara sanggup berlangsungsecara efektif, serta membuat akad antara guru dengan supervisor wacana aspek proses belajar-mengajar yang akan dikembangkan dan ditingkatkan;
- Perencanaan oleh guru dan supervisor yakni membuat perencanaan pelaksanaan observasi secara bersamaan;
- Pelaksanaan petes mengajar dan observasi yang mana guru sedang melaksanakan proses pembelajaran sedang supervisor melaksanakan pengamatan secara cermat, dengan memakai instrument observasi;
- Mengadakan analisis data, dalam hal ini supervisor mengajak guru untuk mendiskusikan apa yang sudah dilaksanakan oleh guru waktu melaksanakan proses pembelajaran dikelas;
- melaluiataubersamaini Teknik diskusi untuk mempersembahkan umpan balik yang bertujuan untuk mempersembahkan umpan balik atas apa yang sudah dilakukan oleh supervisor kepada guru yang sedang latihan mengajar meningkatkan ketrampilannya dan pelaksanaan langkah pemdiberian umpan balik sebaiknya dilakkukan secara obyektif dan segera.
Supervisi pendidikan mencakup beberapa aspek acara pengamatan, pengawasan, dan training terhadap sumber dayamanusia. Dalam keterangan diatas supervisi pendidikan memposisikan diri sebagai suatu keseluruhan proses kerjasama antara kepala sekolah dan guru dalam mengelola sumber daya insan guna meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
Fungsi utama supervisi pendidikan yakni berbagi situasi berguru mengajar menjadi lebih baik melalui beberapa training dan peningkatan profesi belajar. melaluiataubersamaini pemdiberian bimbingan dibutuhkan guruyang disupervisi bisa meningkatkan mutu dan kualitas pengajarannyamenjadi lebih baik. Fungsi dan pelaksanaan supervisi pendidikan tersebutialah suatu ketentuan yang dibutuhkan sanggup mencapai tujuan pendidikan yang lebih produktif. Yang mana kriteria keberhasilan sebuahsupervisi pendidikan dilihat dari keberhasilan guru dalam meningkatkan produktifitas sumber dayanya guna menjadi guru yang profesional.
Sumber Referensi
http://www.academia.edu/4504605/SUPERVISI_PENDIDIKAN
.
0 komentar
Posting Komentar