Selasa, 13 Februari 2018

Dan Jenis Gelombang Radio

Dan Jenis Gelombang Radio. frekuensi Gelombang radio merambat pada frekuensi 100,000 Hz hingga 100,000,000,000 Hz, , yang dipergunakan sebagai alat komunikasi. Gelombang ini digunakan sebagai pembawa gosip dari satu daerah ke daerah lain. Karena sifatnya yang praktis dipantulkan oleh lapisan ionosfer bumi, maka gelombang radio sanggup mencapai daerah - daerah di bumi yang jaraknya sangat jauh dari pemancar radio. Informasi yang berupa bunyi dibawa oleh gelombang radio sebagai perubahan amplitudo yang disebut modulasi amplitudo, maupun sebagai perubahan frekuensi yang disebut modulasi frekuensi.
 Dan Jenis Gelombang Radio  Dan Jenis Gelombang Radio

Gelombang radio ialah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk dikala objek bermuatan listrik dari gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan gelombang audio (ditumpangkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF; "radio frequency") pada suatu spektrum elektromagnetik, dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.

Jenis Gelombang radio
  1. Gelombang panjang (long wave) ; gelombang jenis ini mempunyai signal yang panjang sehingga bisa menjangkau range area yang sangat luas. Kerugian dari gelombang ini ialah memerlukan daya listrik yang sangat besar sehingga mahal dalam operasionalnya, Karena jenis gelombangnya panjang dan lebar menjadikan rentan terhadap gangguan (noise)
  2. Gelombang pendek (short wave) gelombang yang memakai udara sebagai mediator. Jenis gelombang ini ialah SW (short wave), Keuntungan dari gelombang ini ialah Mampu menjangkau wilayah (coverage area) yang luas Banyak digunakan oleh pemancar internasional atau antar benua, Kerugian dari gelombang ini ialah Banyak noise-nya khususnya dari matahari, cuaca, udara, halilintar dsb, Suara insan sanggup didengar dengan baik tetapi pengguanaan sound effect kehilangan mutu kulitasnya (kabur)
  3. Gelombang medium (medium wave) ; gelombang yang memakai permukaan bumi sebagai mediator. Secara umum kebanyakan gelombang yang digunakan oleh stasiun radio. Jenis yang digunakan oleh gelombang ini adalam AM (amplitudo modulation) dan FM (frequency modulation) Keuntungan dari gelombang ini ialah Permukaan bumi kurang dipengaruhi cuaca sehingga tidak terjadi noise Mutu penyiaran lebih cantik dalam kualitas bunyi dan sound effect. Kerugian dari gelombang ini ialah Tanah menyerap gelombang lebih cepat daripada udara yang menjadikan jarak jangkauan siaran lebih sempit sehingga memerlukan booster, Tanah di Indonesia mengandung besi yang cepat menyerap gelombang sehingga ialah penghantar yang buruk
Pemancaran Gelombang
  1. Gelombang radio melalui kabel Merupakan cara praktis dalam memindahkan bunyi melalui radio, tetapi juga paling mahal. Prinsip pemancaran gelombang menyerupai ini umumnya digudakan di dalam gedung atau yang lebih dikenal sebagai in house radio (contoh kampus-kampus di Amerka atau inhouse radio di Matahari departement store) Keuntungannya dari gelombang ini ialah bunyi amat bagus, tidak ada gangguan Kerugian dari gelombang ini ialah membutuhkan biaya yang banyak alasannya ialah diharapkan ribuan kabel.
  2. Gelombang radio melalui udara Pemancaran dengan cara ini biasanya memakai gelombang pendek. Mekanisme kerjanya ialah melemparkan gelombang bunyi dengan sudut tertentu ke langit-langit angkasa. Suara dalam bentuk gelombang itu selanjutnya dipantulkan dengan sudut yang sama ke permukaan bumI
  3. Radio Steaming / Radio Online Radio Online ialah yang di pancarkan dengan memakai teknologi berbasis digital, yang di kirimkan melalui Media media pengirim data menyerupai Satelite dan jaenteng kabel.Suara dan Musik dari station radio akan di konversi menjadi bilangan biner, yang membentuk kode-kode yang nantinya arahan tersebut bisa di konversi kembali ke dalam bentuk bunyi yang bisa kita dengar.

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Radio

0 komentar

Posting Komentar