Sabtu, 10 Februari 2018

Dan Jenis Industri

Dan Jenis Industri. Industri ialah suatu perjuangan atau kegiatan pengolahan materi mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang mempunyai nilai tambah untuk mendapat keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi yaitu bab dari industri. Hasil industri tidak spesialuntuk berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa. Industri ialah salah satu upaya untuk meningkatkan kesejateraan penduduk. Selain itu industrialisasi juga tidak terlepas dari perjuangan untuk meningkatkan mutu sumberdaya insan dan kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya alam secara optimal.

 Industri ialah suatu perjuangan atau kegiatan pengolahan materi mentah atau barang setengah  Dan Jenis Industri

Industri yaitu bidang yang memakai keterampilan, dan ketekunan kerja  dan penerapan alat-alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi, dan distribusinya sebagai dasarnya. Maka industri umumnya dikenal sebagai mata rantai selanjutnya dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan (ekonomi) yang bekerjasama dengan bumi, yaitu setelah pertanian, perkebunan, dan pertambangan yang bekerjasama erat dengan tanah. Kedudukan industri semakin jauh dari tanah, yang ialah basis ekonomi, budaya, dan politik.

Jenis Industri
Jenis Industri Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Indonesia No.19/M/I/1986, industri dibedakan menjadi
  1. Industri kimia dasar: contohnya industri semen, obat-obatan, kertas, pupuk, dsb
  2. Industri mesin, dan logam dasar: contohnya industri pesawat terbang, kendaraan bermotor, tekstil, dll
  3. Industri kecil: industri roti, kompor minyak, masakan enteng, es, minyak goreng curah, dll
  4. Aneka industri: industri pakaian, industri makanan, dan minuman, dan lain-lain.
Jenis Industri menurut kawasan materi baku
  1. Industri ekstraktif, yaitu industri yang materi baku diambil eksklusif dari alam sekitar. misal : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan, dan lain lain.
  2. Industri nonekstaktif, yaitu industri yang materi baku didapat dari kawasan lain selain alam sekitar.
  3. Industri fasilitatif, yaitu industri yang produk utamanya yaitu berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya. misal : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi, dan lain sebagainya.
Jenis industri menurut modal
  1. Industri padat modal, yaitu industri yang dibangun dengan modal yang jumlahnya besar untuk kegiatan operasional maupun pembangunannya.
  2. Industri padat karya, yaitu industri yang lebih dititik beratkan pada sejumlah besar tenaga kerja atau pekerja dalam pembangunan serta pengoperasiannya.
Jenis industri menurut jumlah tenaga kerja
  1. Industri rumah tangga, yaitu industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 1-4 orang.
  2. Industri kecil, yaitu industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 5-19 orang.
  3. Industri sedang atau industri menengah, yaitu industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 20-99 orang.
  4. Industri besar, yaitu industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 100 orang atau lebih.
Jenis industri berdasakan pemilihan lokasi
  1. Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada pasar (market oriented industry), yaitu industri yang didirikan sesuai dengan lokasi potensi sasaran konsumen. Industri jenis ini akan mendekati kantong-kantong di mana konsumen potensial berada. Semakin akrab ke pasar akan semakin menjadi lebih baik.
  2. Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada tenaga kerja (man power oriented industry), aAdalah industri yang berada pada lokasi di sentra pemukiman penduduk alasannya yaitu bisanya jenis industri tersebut membutuhkan banyak pekerja / pegawai untuk lebih efektif, dan efisien.
  3. Industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada materi baku (supply oriented industry), yaitu jenis industri yang mendekati lokasi di mana materi baku berada untuk memangkas atau memotong biaya transportasi yang besar.
  4. Industri yang tidak terkait oleh persyaratan yang lain, yaitu industri yang didirikan tidak terkait oleh syarat-syarat di atas. Industri ini sanggup didirikan dimana saja, alasannya yaitu materi baku, tenaga kerja, dan pasarnya sangat luas serta sanggup ditemukan dimana saja. Misalnya : Industri elektronik, Industri otomotif, dan industri transportasi.
Jenis Industri menurut Proses Produksi
  1. Industri Hulu, yaitu industri yang spesialuntuk mengolah materi mentah menjadi barang setengah jadi. Industri ini sifatnya spesialuntuk menyediakan materi baku untuk kegiatan industri yang lain. Misalnya : Industri kayu lais, industri alumunium, industri pemintalan, dan industri baja.
  2. Industri Hilir, yaitu industri yang mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi sehingga barang yang dihasilkan sanggup eksklusif digunakan atau dinikmati oleh konsumen. Misalnya : Industri pesawat terbang, industri konveksi, industri otomotif, dan industri meubeler.
Jenis industri menurut produktivitas perorangan
Pada level atas, industri seringkali dibagi menjadi tiga bagian, yaitu primer (ekstraktif), sekunder (manufaktur), dan tersier (jasa). Beberapa penulis menambahkan sektor kuarterner (pengetahuan) atau bahkan sektor kuinari (kultur, dan penelitian). Seiring berjalannya waktu, perpecahan industri masyarakat pada masing-masing sektor mengalami perubahan.
  1. Industri primer, yaitu industri yang barang-barang produksinya bukan hasil olahan eksklusif atau tanpa diolah terlebih lampau. contohnya yaitu hasil produksi pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan sebagainya.
  2. Industri sekunder, yaitu industri sekunder yaitu industri yang materi mentah diolah sehingga menghasilkan barang-barang untuk diolah kembali. Misalnya pemintalan benang sutra, komponen elektronik, daging kaleng, dan sebagainya.
  3. Industri tersier, yaitu industri yang produk atau barangnya berupa layanan jasa. misal menyerupai telekomunikasi, transportasi, perawatan kesehatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  4. Industri kuarterner, yaitu industri yang mencakup beberapa aspek penelitian pengetahuan, dan teknologi serta banyak sekali kiprah berlevel tinggi lainnya. Misalnya yaitu para peneliti, dokter, dan pengacara.
  5. Industri kuinari, beberapa menganggapnya sebagai salah satu cabang sektor kuarterner yang mencakup level tertinggi pengambilan keputusan dalam masyarakat atau ekonomi. Sektor ini mencakup direktur atau pegawai resmi dalam bidang pemerintahan, pengetahuan, universitas, non-profit, kesehatan, kultur, dan media.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Industri

0 komentar

Posting Komentar