Selasa, 13 Februari 2018

Gelombang Mekanik

Gelombang Mekanik. Yang termasuk gelombang mekanik yakni : gelombang bunyi, gelombang pada tali, gelombang permukaan air. Gelombang mekanik yakni sebuah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium, yang menyalurkan energi untuk keperluan proses penjalaran sebuah gelombang. Suara ialah salah satu teladan gelombang mekanik yang merambat melalui perubahan tekanan udara dalam ruang (rapat-renggangnya molekul-molekul udara). Tanpa udara, bunyi tidak sanggup dirambatkan. Di pantai sanggup dilihat ombak, yang ialah gelombang mekanik yang memerlukan air sebagai mediumnya. misal lain contohnya gelombang pada tali atau per (slinky).
 Yang termasuk gelombang mekanik yakni   Gelombang Mekanik

Bunyi yakni ialah gelombang mekanik alasannya yakni spesialuntuk sanggup merambat melalui medium (zat padat, cair atau gas) dan tidak sanggup merambat dalam vakum. Getaran-getaran sumber bunyi menghasilkan variasi tekanan pada udara sehingga molekul-molekul udara pada bab tertentu mengalami rapatan dan pada bab lainnya mengalami renggangan. Tetapi molekul udara sendirir tidak ikut merambat melainkan spesialuntuk bergetar. Jadi,gelombang bunyi yakni gelombang longitudinal
Gelombang mekanik Merupakan gelombang yang memerlukan medium dalam pergerakannya. Jenis - jenis gelombang mekanik sanggup dibedakan dengan meninjau bagaimana gerak partikel materi yang dihubungkan kepada arah penjalaran gelombang itu sendiri,
  1. Gelombang transversal Gelombang (gangguan) yang arah gerak partikel yang mengangkut gelombang tersebut tegak lurus terhadap arah penjalaran gelombang itu sendiri.
  2. Gelombang Longitudinal Gelombang (gangguan) yang arah gerak partikel yang mengangkut gelombang tersebut bolak - balik (sejajar) sepanjang arah penjalarannya.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Gelombang_mekanik

0 komentar

Posting Komentar