Jumat, 09 Februari 2018

Mudik

Mudik. INI acara rutin yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menghadapai hari raya. Oleh lantaran itu pulang kampung sanggup diartikan sebagai salah satu acara yang dilakukan oleh para perantau/pekerja untuk kembali ke kampung halamannya. Kata pulang kampung berasal dari sandi kata bahasa Jawa ngoko yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan contohnya menjelang Lebaran. Pada ketika itulah ada peluang untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Transportasi yang dipakai antara lain : pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi menyerupai kendaraan beroda empat dan sepeda motor, bahkan truk sanggup dipakai untuk mudik. Tradisi pulang kampung muncul pada beberapa negara berkembang dengan lebih banyak didominasi penduduk Muslim, menyerupai Indonesia dan Bangladesh.

 INI acara rutin yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menghadapai ha  Mudik

Sedangkan berdasarkan KBBI Mudik berasal dari kata ‘udik’ yang diartikan sebagai sungai yang sebelah atas (arah dekat sumber); (daerah) di hulu sungai. kemudian secara lebih luas lagi ‘udik’ diartikan menjadi desa; dusun; kampung (lawan kota). Dari akar kata ‘udik’ inilah KBBI mendefinisikan ‘mudik’ menjadi (berlayar, pergi) ke bodoh (hulu sungai, pedalaman) atau lebih luasnya dimaknai pulang ke kampung halaman.

Bagi para pekerja atau perantau hari raya dipergunakan untuk Mudik biar sanggup berkumpul kembali dengan keluarganya dikampung halamannya. Momen pulang kampung menyerupai ini biasa dipakai sebagai ajang pelepas rindu akan kampung halaman, ajang silaturahmi ke sanak keluarga yang jarang sekali dijumpai lantaran saling berjauhan tempat kerjanya, ajang menjalin kembali keakraban yang mungkin sudah mulai pudar lantaran selama setahun masing-masing orang sibuk dengan pekerjaannya sendiri-sendiri.

Makna Yang sanggup diperoleh dari Mudik :
  1. melaluiataubersamaini pulang kampung secara tidak pribadi yakni ialah suatu bentuk bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya, lantaran walaupun jauh dari orang renta namum seseorang anak akan selalu mengingat untuk bertemu orang tuannya.
  2. melaluiataubersamaini Mudik anda sanggup menawarkan bahwa bagaimanapun juga yang namanya relasi keluarga itu tidak akan pernah putus. Mudik yakni salah satu momen yang mana akan mengingatkan  kita bahwa terpisah sejauh apapun yang namanya relasi keluarga akan terus dibawa, bahkan hingga mati.
  3. Mudik yakni momen yang mengingatkan bahwa kita dihentikan lupa akan asal-usul kita. tetap kita harus dan wajib mengingat asal-usul kita supaya kita tidak sombong.
  4. melaluiataubersamaini mudik, kita sudah menyatukan kebhinekaan sosial, budaya, sopan santun dan istiadat. Saling menyebarkan dongeng dan pengalaman dari tempat rantaunya masing-masing. Saling merasakan buah tangan khas dari tempat rantaunya masing- masing.
Tapi dizaman kini ini pulang kampung dilakukan bukan semata untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama orang renta dan keluarga tetapi dijadikan sebagai ajang pamer kesuksesan, berlomba-lomba menawarkan pencapaiannya selama berada di perantauan. Apakah hal ini yang anda lakukan ketika anda Mudik. cepatdangampang-gampangan tidak….

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Mudik

0 komentar

Posting Komentar