Minggu, 04 Februari 2018

Pengertian Forum Keuangan

Pengertian Lembaga Keuangan. Apabila uang ialah sebagai darah yang dibutuhkan untuk kehidupan ekonomi maka forum keuangan ialah jantungnya. Sebab melalui forum keuangan lah uang yang ada dalam perekonomian dihimpun dan dialirkan ke sektor-sektor kegiatan yang membutuhkan. Tanpa adanya forum keuangan, tidak mengharapkan alokasi sumber daya keuangan yang efisien alasannya pasar uang modal tidak bekerja efisien.

Dari klarifikasi diatas forum keuangan mempunyai fungsi dan peranan penting untuk meningkatkan efisien pasar uang modal. Lewat upaya lembaga-lembaga keuangan, kekuatan penawaran dan undangan uang dipertemukan.

Definisi Lembaga Keuangan

  1. Menurut David C. Colander forum keuangan ialah bisnis yang kegiatan utamanya ialah membeli, menjual atau mempunyai aset keuangan, sebagai pola beberapa lembaga-lembaga keuangan (lembaga penyimpanan dan mediator investasi) jual kesepakatan untuk membayar dimasa depan.
  2. Menurut Prathama Rahardja dan Mandala Manurung forum keuangan ialah forum yang kegiatan utamanya menghimpun dan menyalurkan dana dengan motif mendapat keuntungan.
  3. Menurut dahlan siamat forum keuangan ialah tubuh perjuangan yang kekayaannya terutama dalam bentuk aset keuangan atau tagihan (claims) dibandingkan aset non finansial atau aset riil.
  4. Menurut kasmir menyatakan bahwa forum keuangan ialah setiap perusahaan yang bergerak dibidang keuangan diaman kegiatannya apakah spesialuntuk menghimpun dana atau spesialuntuk menyalurkan dana atau kedua-duanya menghimpun dan menyalurkan dana.
  5. Menurut ahmad rodoni forum keuangan (financial institution) ialah suatu tubuh perjuangan atau institusi yang kekayaannya terutama dalam bentuk asset-asset keuangan (financial asset) maupun non financial) asset atau asset riil.
  6. Menurut Murchdarsyah sinungan forum keuangan terbagi menjadi dua yaitu forum keuangan bank dan forum keuangan bukan bank. Pada dasarnya forum keuangan ialah sebagai mediator dari pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang belum sempurnanya dana sehingga peranan dari forum keuangan bergotong-royong ialah sebagai mediator keuangan masyarakat (financial intermediary)
  7. Menurut Basalim forum keuangan ialah peranan yang sangat penting dalam proses transfer dana yang dibutuhkan oleh unit-unit produksi dalam sektor ekonomi. Dalam memainkan peranan sebagai perantara, lembaga-lembaga keuangan menerbitkan banyak sekali ragam instrumen finansial untuk dijual kepada mereka yang mempunyai dana surplus dan membeli guaka ragam instrumen finansial dari para insvestor menurut pertimbangan portofolio.
  8. Menurut pasal 1 undang-undang no 14/1967 yang kemudian diganti dengan Undang-Undang no.7/1992 ihwal perbankan di indonesia bahwa forum keuangan ialah tubuh atau forum yang kegiatannya menarikdanunik dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat.
  9. Dalam Keputusan SK Menkeu RI no 192 tahun 1990 ditetapkan bahwa forum keuangan ialah tiruana tubuh perjuangan yang kegiatannya dibidang keuangan melaksanakan penghimpunan dana, penyaluran dana kepada masyarakat terutama dalam membiayai investasi pembangunan.
  10. Berdasarkan klarifikasi ihwal pengertian forum keuangan diatas maka sanggup diambil kesimpulan bahwa forum keuangan ialah suatu tubuh perjuangan atau institusi yang mempunyai kekayaan utama dalam bentuk asset-asset baik financial maupun non financial yang aktivitasnya menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat terutama dalam membiayai investasi pembangunan.

Menurut Rodoni Lembaga Keuangan Dibagi Menjadi dua yaitu
  1. Lembaga Keuangan Depositori
  2. Lembaga Keuangan Non Depositori
Fungsi utama forum keuangan ialah sebagai mediator pihak-pihak yang membutuhkan uang modal (pemakai dana) dengan pihak-pihak yang memilikinya (pemilik dana).

Dikutip dari banyak sekali sumber

0 komentar

Posting Komentar