Kamis, 15 Februari 2018

Tataruang Perkantoran

Tataruang perkantoran. Tataruang perkantoran ialah penentuan terkena kebutuhan-kebutuhan ruang dan ihwal penerapannya secara jelas dari ruang untuk menyiapkan suatu susunan yang mudah dari faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang tidak begitu besar atau Sewajarnya.

Tataruang perkantoran juga memilih kelancaran penatalaksanaan tatausaha yang baik dari suatu organisasi, dengan penyusunan alat-alat kantor pada daerah yang sempurna serta pengaturan daerah kerja yang baik sanggup mempengaruhi dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja.

 Tataruang perkantoran  Tataruang perkantoran
Tujuan dalam tataruang perkantoran
  1. Pekerjaan di kantor dalam proses pelaksanaannya sanggup menemuh jarak yang sependek mungkin
  2. Rangkaian acara kerja tatausaha sanggup mengalir secara lancer
  3. Ruang sanggup digunakan seefesien mungkin untuk keperluan bekerja
  4. Kepuasan dan kesehatan pekerja sanggup ipelihara
  5. Pengawasan terhadap pekerjaan sanggup berlangsung secara memuaskan
  6. Memdiberi kesan yang baik terhadap organisasi (bagi orang luar)
  7. Susunan daerah kerja sanggup dipergunakan untuk banyak sekali pekerjaan dan mudah diubah sewaktu-waktu diperlukan.
Jenis-Jenis Tataruang perkantoran
  1. Tataruang yang terpisah. Pada susunan ini ruangan untuk bekerja terbagi-bagi dalam beberapa satuan, derma ini sanggup disengaja dibentuk untuk dipisahkan dengan menggunakan partisi atau alasannya mengikuti bentuk bangunan yang sudah ada dan banyak menggunakan kamar-kamar.
  2. Tataruang terbuka Tidak dilakukan pemisahan ruangan untuk masing-masing bagian, masing- masing  unit/departemen/bagian  bekerja  dalam  satu  ruangan  terbuka., memungkinkan pengawasan yang lebih efektif terhadap segenap pegawai, lebih  megampangkan korelasi diantara pegawai, lebih gampangnya tersebar cahaya dan peredaran udara an jikalau terjadi penambahan pegawai atau alat kantor dalam tataruang terbuka lebih mudah menampungnya.
  3. Apabila sudah ditentukan letak sesuatu kantor dan menjatuhkan pilihan tataruang yang akan dipakai, tinggallah sekarang menyususn perabotan kerja (meja, dingklik dan alat lainnya) paa letak yang sempurna dan berdasarkan susunan yang efesien.
Petunjuk dalam Tataruang Perkantoran :
  1. Meja kerja disusun mengikuti garis lurus an menghaap kejurusan yang sama, ini akan mengurangi kemungkinan pegawai sering mengobrol atau memperhatikan apa yang dikerjakan oleh rekannya
  2. Pada tataruang terbuka, susunan meja sanggup terdiri atas beberapa baris.
  3. Diantara baris meja disediakan lorong untuk keperluan kemudian lintas para pegawai, sebaiknya ditengah ruangan terdapat sebuah lorong dengan ukuran lebar 120 cm, sedangkan lorong lainnya sanggup dibentuk dengan ukuran 80 cm.
  4. Jarak antara satu meja dengan meja lainnya selebar 80 cm
  5. Meja pimpinan ditempatkan dibelakang para pegawainya.
  6. Untuk merancang tataruang kantor hendaknya dibentuk persiapan sebagai diberikut :
  7. Buat gambar bagan kantor yang bersangkutan dengan skala 1: 40
  8. Hendaknya tiruana acara perkantoran dicatat, untuk memperoleh citra terkena urutan-urutan penyelesaian pekerjaan
  9. Susun letak meja-meja kerja untuk para pegawai
  10. Tataruang dirancang dengan menjejerkan guntingan gambar meja dan dingklik diatas gambar denah, guntingan-guntingan ini diatur dan disusun hingga menemukan susunan yang terbaik, demikian pula perlengkapan perkantoran lainnya menyerupai lemari arsip dan perabotan lainnya diatur dan disusun sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya dengan memperhatikan luas lantai keseluruhan.

0 komentar

Posting Komentar