Selasa, 14 Agustus 2018

Pengertian Hari Raya Idul Fitri

Pengertian Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri biasanya ialah stimulus ekonomi tahunan terbesar di banyak sekali negara Islam di dunia. Penjualan barang-barang meningkat tajam di banyak sekali area retail, dan pada animo Idul Fitri orang-orang membeli banyak sekali hadiah, dujungasi, dan persediaan Idul Fitri. Industri yang bergantung pada penjualan di animo Idul Fitri antara lain ketupat, kartu Idul Fitri, dan lain-lain. Selain acara ekonomi terbesar, Hari Idul Fitri di banyak sekali negara Islam ialah hari paling sepi bagi dunia bisnis; hampir tiruana toko retail, institusi bisnis dan komersial tutup, dan hampir tiruana industri berhenti beroperasi.

 Hari Raya Idul Fitri biasanya ialah stimulus ekonomi tahunan terbesar di banyak sekali neg Pengertian Hari Raya Idul Fitri

Definisi Idul Fitri

Pengertian Idul Fitri ialah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Sypertama pada penanggalan Hijriyah. Karena penentuan 1 Sypertama yang menurut peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang tidak sama-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Teknik memilih 1 Sypertama juga bervariasi, sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang tidak sama.

Secara Umum Idul Fitri ialah Hari raya setelah umat Islam melakukan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh, dinamakan Idul Fitri alasannya ialah insan kembali suci menyerupai bayi yang tidak mempunyai dosa dan salah.

Idul Fitri juga dapat diartikan sebagai puncak atau titikpuncak dari pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Idul Fitri sendiri mempunyai keterkaitan makna dengan tujuan simpulan yang ingin diraih dari pelaksanaan kewajiban berpuasa. 

Idul Fitri secara bahasa atau etimologi dapat berarti Hari Raya Kesucian atau dapat juga diartikan sebagai Hari Kemenangan umat Islam. Kemenangan disini ialah bentuk dari kemenangan dalam menggapai kesucian atau perwujudan dari kembali kepada keadaan fitrah (Fitri).

Tradisi Dan Makna Idul Fitri Diindonesia

Dalam tradisi Idul Fitri di Indonesia ditandai dengan adanya ”mudik (pulang kampung)”dan mereka menggunakan sesuatu yang baru, mulai dari pakaian baru, sepatu baru, sepeda baru, kendaraan beroda empat gres dan lainnya, Bagaimana sebetulnya makna dari Idul Fitri itu sendiri. Apakah Idul Fitri cukup ditandai dengan sesuatu yang baru, atau dengan pulang kampung untuk bersilaturrahim kepada sanak saudara dan kerabat.

melaluiataubersamaini momentum Idul Fitri kita jadikan sebagai masukana meminta maaf dan memaafkan orang lain dengan bersilaturrahim (menyambung kasih akung) baik kepada suami atau istri, kedua orang tua, anak, keluarga, sanak kerabat, tetangga serta mitra dan hubungan kita dikala ada kebencian terhadap mereka. Sebab kasih akung ialah lawan dari kebencian, sehingga orang yang dalam dirinya ada kebencian pada suami atau istri, orang tua, anak, keluarga, sanak kerabat, tetangga, mitra dan hubungan disebut dengan memutus tali silahturahmi, orang yang memutuskan silahturahmi tidak akan masuk surga.

Dikutip Dari Berbagai Sumber

0 komentar

Posting Komentar