Rabu, 01 Agustus 2018

Pengertian Model Pembelajaran Dan Jenis Serta Kriterianya

Pengertian Model Pembelajaran Dan Jenis Serta Kriterianya. Model pembelajaran ialah salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang efektif akan sangat memmenolong dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai. Selain itu, model pembelajaran juga sanggup mempersembahkan gosip yang mempunyai kegunaan bagi siswa di dalam proses pembelajaran.

Model pembelajaran dikembangkan dari adanya perbedaan karakteristik siswa yang bervariasi. Karena siswa mempunyai banyak sekali karakteristik kepribadian, kebiasaan-kebiasaan, cara mencar ilmu yang bervariasi antara individu satu dengan yang lain, maka model pembelajaran tidak terpaku spesialuntuk pada model tertentu.

Definisi Model Pembelajaran

Menurut Joyce Dan Weil mengungkapkan bahwa model pembelajaran ialah suatu planning atau rujukan yang sanggup dipakai untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang materi pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain.

Menurut Agus Suprijono mengungkapkan model pembelajaran ialah rujukan yang dipakai sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran ialah kerangka konseptual yang melukiskan mekanisme yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman mencar ilmu untuk mencapai tujuan mencar ilmu tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merancang dan melakukan acara mencar ilmu mengajar.

Menurut Komalasari model pembelajaran ialah intinya ialah bentuk pembelajaran yang tergambar dari pertama hingga selesai yang disajikan secara khas oleh guru. melaluiataubersamaini kata lain, model pembelajaran ialah wadah atau bungkus dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan metode pembelajaran.

Menurut Soekamto, dkk. Mengungkapkan bahwa model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang melukiskan mekanisme yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman mencar ilmu untuk mencapai tujuan mencar ilmu tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan kegiatan pembelajaran.

Maka Dapat Disimpulkan bahwa model pembelajaran ialah ialah suatu planning sistematis yang sanggup dijadikan pedoman oleh para guru untuk mengorganisasikan jalannya pembelajaran di kelas guna mencapai tujuan belajar.

Jenis - jenis Model Pembelajaran

Jenis - jenis model pembelajaran yang sanggup dipakai dalam pembelajaran, antara lain:
  1. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem based Learning).
  2. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning).
  3. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project based Learning).
  4. Model Pembelajaran Pelayanan (Service Learning).
  5. Model Pembelajaran Berbasis Kerja.
  6. Model Pembelajaran Konsep (Concept Learning).
  7. Model Pembelajaran Nilai (Value Learning)

Kriteria Model Pembelajaran

Suatu model pembelajaran sanggup dikatakan baik jikalau memenuhi kriteria sebagai diberikut:

1) Sahih (valid),
Aspek validitas dikaitkan dengan dua hal,yaitu:
  • Apakah model yang dikembangkan didasarkan pada rasional teoritis yang kuat
  • Apakah terdapat konsistensi internal
2) Praktis,
Aspek kepraktisannya spesialuntuk sanggup dipenuhi jika:
  • Para mahir dan praktisi menyatakan bahwa apa yang dikembangkan sanggup diterapkan
  • Kenyataan menunjukkan bahwa apa yang dikembangkan tersebut sanggup diterapkan
3) Efektif
Berkaitan dengan efektifitas ini, Nieveen mempersembahkan parameter sebagai diberikut :
  • Ahli dan praktisi menurut pengalamannya menyatakan bahwa model tersebut efektif
  • Secara oprasional model tersebut mempersembahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan

0 komentar

Posting Komentar