Rabu, 08 Agustus 2018

Pengertian Sumber Berguru Serta Jenisnya

Pengertian Sumber Belajar Serta Jenisnya. Apa Itu sumber belajar...? untuk memperoleh informasi biar berguru terasa lebih praktis maka dibutuhkan sumber diberikut ialah klarifikasi seputar Sumber Belajar serta Jenis-Jenis Sumber Belajar.

Definisi Sumber Belajar

Pengertian sumber berguru ialah suatu sistem yang terdiri dari sekumpulan materi atau situasi yang diciptakan dengan sengaja dan dibentuk biar memungkinkan penerima didik berguru secara individual. berdasarkan Nana Sudjana dan Ahmad R. sumber berguru itu ialah daya yang sanggup dimanfaatkan guna kepentingan proses berguru mengajar, baik secara pribadi maupun secara tidak langsung, sebagian atau secara keseluruhan.

Menurut Wina Sanjaya sumber berguru ialah segala sesuatu yang sanggup dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari materi dan pengalaman berguru sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Maka sanggup disimpulkan bahwa sumber berguru ialah ialah segala sesuatu yang berupa sekumpulan materi dan sanggup dimanfaatkan dalam kepentingan proses berguru mengajar untuk memperoleh informasi dan pengalaman, sehingga sanggup mempergampang kegiatan belajar. Sumber berguru sanggup berasal dari lingkungan sekitar kawasan tinggal penerima didik atau sengaja dibentuk sebagai sumber belajar. yang berasal dari lingkungan pribadi misalnya, manusia, pegunungan, laut, candi, hutan dan sebagainya, sedangkan yang sengaja dibentuk sebagai sumber berguru ialah buku, video, diorama, museum, laboratorium dan sebagainya.

Jenis-Jenis Sumber Belajar

  1. Pesan (message), ialah informasi pembelajaran yang akan disampaikan yang sanggup berupa ide, fakta, ajaran, nilai dan data. Pesan ialah informasi pembelajaran yang akan disampaikan yang sanggup berupa ide, fakta, pedoman nilai dan data.
  2. Orang (people), ialah insan yang berperan sebagai pencari, penyimpan, pengolah, dan penyaji pesan. contohnya guru, dosen, tutor, pustakawan, laboran, instruktur, widyaiswara, pelatih olah raga, tenaga ahli, produser, peneliti dan masih banyak lagi, bahkan termasuk penerima didik itu sendiri.
  3. Bahan ialah ialah perangkat lunak (software) yang mengandung pesan-pesan pembelajaran yang biasanya disajikan melalui peralatan tertentu. misalnya, buku teks, modul, transparansi (OHT), kaset progam audio, kaset progam video, progam slide suara, programmed instruction, CAI (pembelajaran berbasis komputer), film dan lain-lain.
  4. Alat ialah perangkat keras (hardware) yang dipakai untuk menyajikan pesan yang tersimpan dalam bahan. misalnya, OHP, proyektor slide, tape recorder, video/CD player, komputer, proyektor film dan lain-lain.
  5. Teknik ialah mekanisme atau langkah-langkah tertentu yang disiapkan dalam memakai bahan, alat, lingkungan dan orang untuk memberikan pesan. Misalnya demonstrasi, diskusi, praktikum, pembelajaran mandiri, sistem pendidikan terbuka/jarak jauh, tutorial tatap muka dan sebagainya.
  6. Latar/lingkungan ialah situasi di sekitar terjadinya proses pembelajaran kawasan penerima didik mendapatkan pesan pembelajaran. Lingkungan dibedakan menjadi dua macam, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan nonfisik. Lingkungan fisik contohnya, gedung sekolah, perpustakaan, laboratorium, aula, bengkel dan lain-lain. Sedangkan lingkungan nonfisik contohnya, tata ruang belajar, ventilasi udara, cuaca, suasana, lingkungan berguru dan lain-lain.
Klasifikasi yang lain yang biasa dilakukan terhadap sumber berguru ialah sebagai diberikut:
  1. Sumber berguru tercetak: buku, majalah, brosur, koran, poster, denah, ensiklopedia, engkaus, booklet, dan lain-lain.
  2. Sumber berguru noncetak: film, slides, video, model, audiocassette, transparansi, realia, objek dan lain-lain.
  3. Sumber berguru yang berbentuk fasilitas: perpustakaan, ruangan belajar, carrel, studio, lapangan olahraga dan lain-lain.
  4. Sumber berguru berupa kegiatan: wawancara, kerja kelompok, observasi, simulasi, permainan dan lain-lain.
  5. Sumber berguru berupa lingkungan di masyarakat: taman, terminal, pasar, toko, pabrik, museum dan lain-lain.
Sumber berguru yang sanggup dimanfaatkan oleh guru khususya dalam setting proses pembelajaran di dalam kelas di antaranya ialah :
  1. Manusia Sumber, Manusia ialah sumber utama dalam proses pembelajaran. Misalkan untuk mempelajari undang-undang kemudian lintas, guru sanggup memakai polisi kemudian lintas sebagai sumber utama siswa;
  2. Alat dan Bahan Pengajaran, ialah segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk memmenolong;
  3. Berbagai Aktivitas dan Kegiatan, Yang dimaksud kegiatan ialah segala perbuatan yang sengaja dirancang untuk memfasilitasi kegiatan berguru ibarat kegiatan diskusi, demonstrasi, simulasi, melaksanakan percobaan dan lain sebagainya;
  4. Lingkungan atau Setting, ialah segala sesuatu yang sanggup memungkinkan siswa belajar. Misalnya, gedung sekolah, perpustakaan, laboratorium, taman, kantin sekolah, dan lain sebagainya
Maka Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, sanggup disimpulkan terkena jenis- jenis sumber berguru yang sanggup dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran ialah sebagai diberikut:
  1. Manusia, sebagai penyalur informasi, dalam hal ini insan ialah guru dan siswa yang saling memberikan informasi dalam bentuk diberita, pesan dan lain-lain.
  2. Media yang berupa software dan hardware (peralatan). Software berupa materi informasi, sedangkan hardware ialah peralatan yang dipakai untuk memberikan informasi.
  3. Teknik/ metode, ialah cara yang dipakai untuk memberikan informasi atau materi ajar, dalam lingkup pembelajaran di sekolah, guru yang memiliki tanggung tanggapan untuk menyusun metode untuk memberikan informasi pada siswa.

0 komentar

Posting Komentar