Selasa, 25 September 2018

Pengertian Biaya Produksi Serta Sumbernya

Pengertian Biaya Produksi Serta Sumbernya. Untuk menghasilkan barang atau jasa diharapkan faktor-faktor produksi ibarat materi baku, tenaga kerja, modal, dan keahlian pengusaha. Semua faktor-faktor produksi yang digunakan yaitu ialah pengorbanan dari proses produksi dan juga berfungsi sebagai ukuran untuk memilih harga pokok barang. 

Definisi Biaya Produksi

Biaya produksi yaitu tiruana pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan materi – materi mentah yang akan digunakan untuk membuat barang-barang yang diproduksikan perusahaan tersebut. Dalam acara pengolahan produk dari materi baku menjadi barang jadi memerlukan biaya produksi. 

Pengertian biaya produksi berdasarkan Hansen dan Mowen yaitu biaya yang berkaitan dengan pembuatan barang dan penyediaan jasa. 

Menurut Usry & Hammer, Biaya produksi diistilahkan dengan biaya pabrikasi yaitu jumlah tiga unsur biaya, yaitu biaya materi langsung, biaya tenaga kerja eksklusif dan overhead. 

Menurut Mulyadi biaya produksi yaitu biaya-biaya yang berkaitan dengan proses pengolahan materi baku menjadi produk final yang siap dijual. 

Secara Umum sanggup disimpulkan bahwa biaya produksi yaitu biaya-biaya yang berkaitan dengan proses pengolahan materi baku menjadi produk yang siap dijual yang terdiri dari biaya materi baku, biaya tenaga kerja eksklusif dan biaya overhead pabrik. suatu manfaat yaitu peningkatan keuntungan di masa menhadir.

Biaya produksi sanggup dibagi menjadi dua, yaitu
  1. Biaya eksplisit yaitu pengeluaran-pengeluaran konkret dari kas perusahaan untuk membeli atau menyewa jasa-jasa faktor produksi yang dibutuhkan dalam berproduksi. misal: biaya tenaga kerja, sewa gedung, dll.
  2. Biaya implicit yaitu biaya yang tidak terlihat. Biaya implicit ini tidak dikeluarkan eksklusif dari kas perusahaan. Biaya implicit diperhitungkan dari faktor-faktor produksi yang dimiliki sendiri oleh perusahaan. misal: Penggunaan gedung milik perusahaan sendiri.

Sumber Biaya produksi

  1. Sumber - sumber Tetap (Fixed Resources). Sumber - sumber tetap yaitu sumber/input/bahan yang jumlahnya tetap sekalipun jumlah output/produk yang dihasilkan bertambah ataupun berkurang. misal : tanah, bangunan, mesin, dan sebagainya.
  2. Sumber-sumber Variabel (Variable Resources) Sumber-sumber variabel yaitu sumber/input yang jumlahnya berubah-ubah sesuai perubahan nilai output. Artinya, input akan bertambah kalau output yang dihasilkan bertambah, dan akan berkurang kalau output yang dihasilkan berkurang. misal : materi baku, penambahan karyawan baru, keterbatasan karyawan, dan sebagainya.

0 komentar

Posting Komentar