Kamis, 13 September 2018

Pengertian Lenong Serta Jenisnya

Pengertian Lenong serta Jenisnya. Firman Muntaco, seniman Betawi, menyampaikan bahwa lenong berkembang dari proses teaterisasi musik gambang kromong dan sebagai tontonan sudah dikenal semenjak tahun 1920-an. Lakon-lakon lenong berkembang dari lawakan-lawakan tanpa plot dongeng yang dirangkai-rangkai sampai menjadi pertunjukan semalam suntuk dengan lakon panjang dan utuh. Pada mulanya kesenian ini dipertunjukkan dengan mengamen dari kampung ke kampung. Pertunjukan diadakan di udara terbuka tanpa panggung. Ketika pertunjukan berlangsung, salah seorang pemain film atau aktris mengitari penonton sambil meminta derma secara sukarela. 

Definisi Lenong

Pengertian Lenong ialah kesenian teater tradisional atau sandiwara rakyat Betawi yang dibawakan dalam dialek Betawi yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Kesenian tradisional ini diiringi musik gambang kromong dengan alat-alat musik ibarat gambang, kromong, gong, kendang, kempor, suling, dan kecrekan, serta alat musik unsur Tionghoa ibarat tehyan, kongahyang, dan sukong. Lakon atau skenario lenong umumnya mengandung pesan moral, yaitu menolong yang lemah, membenci kerakusan dan perbuatan tercela. Bahasa yang dipakai dalam lenong ialah bahasa Melayu (atau sekarang bahasa Indonesia) dialek Betawi.

Jenis Lenong

lenong denes (dari kata denes dalam dialek Betawi yang berarti "dinas" atau "resmi"), pemain film dan aktrisnya umumnya mengenakan busana formal dan kisahnya wacana kerajaan atau lingkungan kaum bangsawan. umumnya memakai bahasa yang halus. Kisah yang biasa dipertunjukan ialah kisah rakyat yang ditindas oleh tuan tanah dengan pemungutan pajak dan munculnya tokoh pahlawan taat diberibadah yang membela rakyat dan melawan si tuan tanah jahat.

lenong preman busana yang dikenakan tidak ditentukan oleh sutradara dan umumnya berkisah wacana kehidupan sehari-hari. lenong preman memakai bahasa percakapan sehari-hari. Kisah yang dipertunjukan ialah kisah-kisah 1001 malam.

Beberapa sebutan terhadap teater yang tergolong Lenong itu, yaitu ialah sebagai diberikut :
  1. Lenong Dines
  2. Wayang Senggol
  3. Wayang Sumedar
  4. Lenong Preman
  5. Wayang Si Ronda
  6. Jinong
  7. Dermuluk
  8. Samrah

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Lenong

0 komentar

Posting Komentar