Senin, 01 Oktober 2018

Pengertian Akuntansi Administrasi Serta Fungsi Dan Tujuannya

Pengertian Akuntansi administrasi Serta Fungsi Dan Tujuannya. Apa yang dimaksud dengan Akuntansi manajemen...? Akuntansi administrasi ialah ilmu yang berkaitan dengan penerapan isu akuntansi oleh para administrasi dan pihak internal lainnya untuk keperluan penentuan biaya produk, perencanaan, pengendalian, dan penilaian serta pengambilan keputusan.

Pengertian Akuntansi administrasi Serta Fungsi Dan Tujuannya Pengertian Akuntansi administrasi Serta Fungsi Dan Tujuannya

Definisi Akuntansi manajemen

Menurut Chartered Institute of Management Accountant (1994:30) Akuntansi administrasi ialah Penyatuan bab administrasi yang meliputi beberapa aspek penyajian dan penafsiran isu yang dipakai untuk perumusan strategi, acara perencanaan dan pengendalian, pembuatan keputusan, optimalisasi penerapan sumber daya, pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, dan pengamanan asset.

Menurut Horngren (1993:4) definisi akuntansi administrasi diartikan sebagai “proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, dan komunikasi ihwal isu yang memmenolong masing-masing direktur untuk memenuhi tujuan organisasi”.

Akuntansi Manajemen ialah suatu kegiatan (proses) yang menghasilkan isu keuangan bagi administrasi untuk pengambilan keputusan ekonomi dalam melakukan fungsi manajemen.

Secara Umum akuntansi administrasi ialah bab dari akuntansi yang bertujuan memmenolong manajer untuk menjalankan tiga fungsi pokoknya, yaitu perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan sekaligus mempersembahkan isu kepada pihak-pihak internal untuk mencapai tujuan organisasinya.

Fungsi Akuntansi Manajemen

Akuntansi administrasi dalam tiap perusahaan memmenolong memelihara dan mengendalikan sumber daya perusahaan. Selain itu juga berfungsi sebagai tracking performance, planning, dan managing costs and price.

Tujuan Akuntansi Manajemen

Akuntansi administrasi bertujuan menghasilkan isu keuangan untuk pihak manajemen. Jenis isu yang diharapkan tidak sama dengan isu yang diharapkan pihak luar. Umumnya isu yang dihasilkan bersifat mendalam dan tidak dipublikasikan kepada pihak luar. Tujuan akuntansi administrasi secara umum adalah:
  1. Menyediakan isu yang diharapkan dalam penetuan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan oleh manajemen.
  2. Menyediakan isu yang dipakai dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  3. Menyediakan isu untuk pengambilan keputusan. Informasi akuntansi administrasi memmenolong mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikannya, serta mengevaluasi kinerja. Jadi, isu akuntansi administrasi dibutuhkan dan dipergunakan dalam tiruana tahapan manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.

Informasi Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen ditujukan untuk menyediakan isu akuntansi yang akurat bagi administrasi yang dalam pelaksanaan fungsi pokoknya sangat memerlukan isu ini, terutama untuk perencanaan dan pengendalian bagi perusahaan. Informasi akuntansi administrasi dibagi menjadi 3 tipe, yaitu :
  1. Informasi akuntansi penuh (Full accounting information). Informasi akuntansi penuh sanggup meliputi beberapa aspek isu masa kemudian maupun isu yang akan hadir dan meliputi beberapa aspek isu terkena biaya, pendapatan dan aktiva. Informasi akuntansi penuh selalu dihubungkan dengan kesatuan usaha, produk atau departemen alasannya ialah isu ini dipakai untuk pelaporan isu keuangan dan analisis kemampuan menghasilkan keuntungan rugi suatu divisi atau bab secara khusus, pada bab inilah isu akuntansi perusahaan yang meliputi isu masa kemudian digunakan.
  2. Informasi akuntansi pertanggungjawabanan (Full Responsibility Information) Tiap manajer dalam organisasi merencanakan aktiva, pendapatan dan biaya yang menjadi tanggungjawabannya dibawah koordinasi administrasi puncak dan menyusun agenda menurut isu akuntansi pertanggungjawabanan. Informasi akuntansi pertanggungjawabanan juga dipakai untuk mengamati pelaksanaan anggaran dan menilai seberapa jauh manajer melakukan rencananya.
  3. Informasi Akuntansi Diferensial (Differential accounting information) Informasi akuntansi diferensial memiliki dua ciri utama, pertama isu akuntansi ialah isu masa yang akan hadir. Kedua, isu akuntansi ialah isu yang tidak sama diantara aneka macam macam alternatif yang dihadapi oleh aneka macam keputusan. Informasi akuntansi diferensial ini sangat diharapkan pihak administrasi dalam pengambilan keputusan sebagai pemilihan alternatif tindakan yang terbaik diantara alternatif yang tersedia, ditinjau dari segi pengorbanan dan manfaat yang diperoleh jikalau suatu alternatif tersebut diambil.

0 komentar

Posting Komentar