Senin, 17 Desember 2018

, Jenis Dan Tujuan Motivasi

Istilah motivasi berasal dari bahasa Latin yaitu movere, dalam bahasa Inggris berarti to move yaitu kata kerja yang artinya menggerakkan. Menurut Abraham Sperling sebagaimana dikutip oleh Anwar, motif ialah suatu kecenderungan untuk beraktivitas, dimulai dari dorongan dalam diri (drive) dan diakhiri dengan penyesesuaian diri. Menurut Veithzal Rivai, motivasi yaitu serangkaian sikap dan nilai nilai yang mempengaruhi individu untuk mencapai hal yang spesifik sesuai dengan tujuan individu. Motivasi juga didefinisikan sebagai suatu kondisi yang mendorong atau menjadi alasannya yaitu seseorang melaksanakan suatu perbuatan/kegiatan, yang berlangsung secara sadar.

Pengertian Motivasi
  1. Menurut McDonald yang dikutip Tabrani Rusyan mengatakan, bahwa motivasi yaitu perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.
  2. Menurut Dimyati memandang motivasi sebagai suatu dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan sikap manusia, termasuk sikap belajar. Dalam motivasi terkandung adanya harapan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, serta mengarahkan sikap dan sikap individu belajar.
  3. Menurut Abdorrakhman motivasi dalam pembelajaran yaitu sesuatu yang menggerakkan atau mendorong siswa untuk mencar ilmu atau menguasai materi pelajaran yang sedang diikutinya. Tanpa motivasi, siswa tidak akan tertarik dan fokus dalam mengikuti pembelajaran. Sebaliknya, dengan adanya motivasi yang tinggi, siswa akan tertarik dan terlibat aktif bahkan diberinisiatif dalam proses pembelajaran. melaluiataubersamaini motivasi yang tinggi siswa akan berupaya sekuat-kuatnya dan dengan menempuh aneka macam taktik yang konkret untuk mencapai keberhasilan dalam belajar.
kekuatan motivasi itu sendiri bisa berubah-rubah. Perubahan ini biasanya dikarenakan dua faktor,
  1. Terpuaskannya kebutuhan
  2. Adanya hambatan.
Motivasi tumbuh lantaran didorong oleh kebutuhan (need) seseorang. Needs ialah kecenderungan dalam diri seseorang yang bersifat relative permguan bagi orang-orang yang termotivasi dan ia ialah perubahan internal dalam diri jawaban dari stimulus-stimulus yang didapat dari lingkungan.

Menurut McClelland kalau seseorag terdesak dengan kebutuhannya, maka kebutuhan akan memotivasi orang tersebut supaya berusaha keras untuk mendapatkan kebutuhan tersebut. melaluiataubersamaini demikian motivasi ialah suatu dorongan baik berasal dari diri sendiri maupun dari luar yang mempengaruhi seseorang untuk melaksanakan perbuatan/kegiatan sehingga sanggup memenuhi kebutuhan/tujuan yang inginkan di capainya.

Jenis-Jenis Motivasi
Jenis motivasi dalam mencar ilmu dibedakan menjadi dua jenis antara lain: 

A. Motivasi ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik yaitu motivasi mencar ilmu yang berasal dari luar diri siswa itu sendiri. Motivasi ekstrinsik ini diantaranya ditimbulkan oleh faktor-faktor yang muncul dari luar pribadi siswa itu sendiri termasuk dari guru. Faktor-faktor tersebut bisa konkret dan bisa negatif.

misal dari motivasi ekstrinsik yang negatif yaitu rasa takut siswa terhadap eksekusi yang akan didiberikan oleh guru mendorong siswa untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Sedangkan motivasi ekstrinsik yamg konkret yaitu dorongan siswa untuk mengerjakan pekerjaan rumah lantaran ingin mendapatkan kebanggaan dari guru.

Adapun sifat-sifat dari motivasi ekstrinsik yaitu:
  1. Karena munculnya bukan atas kesadaran sendiri, maka motivasi ini simpel hilang atau tidak sanggup bertahan lama.
  2. Motivasi ini kalau didiberikan secara terus-menerus akan menjadikan motivasi intrinsik dalam diri siswa.
B. Motivasi intrinsik
Motivasi intrinsik yaitu motivasi untuk mencar ilmu yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri. Motivasi intrinsik diantaranya ditimbulkan oleh faktor-faktor yang muncul dari pribadi siswa itu sendiri terutama kesadaran akan manfaat materi pelajaran bagi siswa itu sendiri. Kesadaran akan manfaat tersebut bisa berupa:
  1. Kesadaran akan pentingnya kompetensi bidang yang sedang dipelajari dalam pekerjaan atau kehidupannya kelak.
  2. Kesadaran akan pentingnya pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran dalam memperluas wawasannya sehingga mempersembahkan kemampuan dalam mempelajari materi lain.
  3. Memperoleh rasa puas lantaran keberhasilan mengetahui tentang sesuatu yang selama ini menjadi obsesi atau dambaannya.
  4. Munculnya kebanggaan lantaran adanya pengukuhan oleh lingkungan sosial terhadap kompetensi prestasinya dalam belajar.
Adapun sifat-sifat dari motivasi intrinsik yaitu:
  1. Walaupun motivasi ini sangat penting, namun motivasi ini kadang tidak timbul dalam diri siswa.
  2. Karena munculnya atas kesadaran sendiri, maka motivasi ini akan bertahan lebih usang dibandingkan dengan motivasi ekstrinsik.
Bentuk-bentuk Motivasi
Ada beberapa bentuk motivasi yang sanggup dipakai oleh seorang guru untuk mempertahankan minat anak didik terhadap materi pelajaran yang didiberikan. Bentuk-bentuk motivasi tersebut adalah:
  1. Memdiberi Angka, Angka dalam hal ini yaitu simbol dari nilai kegiatan mencar ilmu anak didik. Banyak siswa belajar, yang justru mengutamakan nilai yang tinggi. Sehingga siswa biasanya yang dikejar yaitu nilai ulangan atau nilai-nilai pada raport yang baik.
  2. Hadiah, Hadiah sanggup dijadikan motivasi, tetapi tidaklah selalu demikian. Karena hadiah untuk suatu pekerjaan, mungkin tidak akan menarikdanunik bagi seseorang yang tidak senang dan tidak berbakat untuk suatu pekerjaan tersebut. Sebagai teladan hadiah yang dibrikan untuk gambar yang baik mungkin tidan akan menarikdanunik bagi seseorang siswa yang tidak mempunyai talenta menggambar.
  3. Pujian, Pujian yaitu motivasi yang positif, setiap orang sengan dipuji, orang yang dipuji akan merasa gembira lantaran hasil kerjanya menerima kebanggaan dari orang lain. Oleh lantaran itu, spaya pjian ini bisa dijadikan motivas, maka pemdiberian harus tepat. melaluiataubersamaini kebanggaan yang sempurna akan memupuk suasana yang sangat senang dan mempertinggi gairah belajar
  4. Memdiberi Tugas, Tugas yaitu suatu pekerjaan yang menuntut suatu pelaksanaan untuk dilaksanakan.guru sanggup mempersembahkan kiprah kepada anak didik sebagai bab yang tidak terpisahkan dari kiprah mencar ilmu anak didik. Tugas sanggup didiberikan dalam beberapa bentuk. Tidak spesialuntuk dalam bentuk krja kelompok, tetapi bisa juga dalam bentuk perorangan. Anak didk yang menyadari akan menerima kiprah dari guru sehabis mereka mendapatkan materi pelajaran. Mereka berusaha meningkatkan perhatian dan serius terhadap penjelasan-penjelasan yang disampaikan oleh guru, alasannya yaitu bila mereka tidak memperhatikan maka tidak akan bisa menuntaskan kiprah yang didiberikan oleh guru. Dari sini terlihat adanya motivasi terhadap pelajaran yang disampaikan oleh gur lantaran adananya tugas
  5. Hukuman, Hukuman sebagai Reinforment yang negatif tetapi kalau didiberikan secara sempurna dan bijak bisa menjadi alat motivasi. Oleh lantaran itu guru memahami prinsip-prinsip pemdiberian hukuman

0 komentar

Posting Komentar