Minggu, 23 Desember 2018

Manajemen Manajemen Perkantoran

Manajemen manajemen perkantoran ialah bab dari manajemen yang mempersembahkan isu layanan bidang manajemen yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memdiberi dampak kelancaran pada bidang lainnya.

Manajemen kantor berarti suatu pengelolaan data dan isu tertulis yang dilakukan secara teratur, sistematis dan terus menerus mengikuti kegiatan organisasi, dengan tujuan untuk membentuk keberhasilan organisasi yang bersangkutan. melaluiataubersamaini demikian fungsi manajemen kantor sama dengan fungsi manajemen pada umumnya,di mana pengelolaannya terserius pada lingkup pekerjaan kantor.

Pengertian Manajemen manajemen perkantoran menurut para ahli :

  1. Edwin Robinson dan William Leffingwel. "Manajemen Perkantoran sanggup didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakkan mereka yang melaksanakannya biar mencapai tujuan-tujuan yang sudah ditentukan lebih lampau."
  2. George R. Terry. "Manajemen perkantoran yakni perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakan biar mencapai tujuan-tujuan yang sudah ditentukan.".
  3. Millis Geoffre. "Manajemen kantor yakni seni membimbing personel kantor dalam memakai masukana yang sesuai dengan lingkungannya demi mencapai tujuan yang diputuskan."
  4. W.H. Evans. "Administrasi perkantoran ialah fungsi yang menyangkut manajemen dan pengarahan tiruana tahap operasi perusahaan terkena pengolahan materi keterangan, komunikasi, dan ingatan organisasi."'

melaluiataubersamaini demikian, pada pokoknya manajemen perkantoran ialah rangkaian acara merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan (mempersembahkan arah dan petunjuk), mengawasi dan mengendalikan (melakukan kontrol) hingga menyelenggarakan secara tertib sesuai tujuan terkena sesuatu hal atau kegiatan. Hal atau samasukan yang terkena oleh rangkaian kegiatan itu pada umumnya ialah pekerjaan perkantoran (office work). Yang termasuk pekerjaan perkantoran diantaranya:
  1. Mengetik (typing)
  2. Menghitung (calculating)
  3. Memeriksa (checking)
  4. Menyimpan warkat/arsip (filing)
  5. Menelepon (telephoning)
  6. Menggandakan (duplicating)
  7. Mengirim surat (mailing)
  8. Mengadakan
  9. Mencatat
  10. Menyortir

Tujuan Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran

Tujuan manajemen perkantoran berdasarkan GR Terry dalam bukunya yang berjudul Office Management and Control, yaitu
  1. Memdiberikan tiruana keterangan yang lengkap dan dibutuhkan siapa saja, kapan dan di mana hal itu dibutuhkan untuk pelaksanaan perusahaan secara efisien
  2. Memdiberikan catatan dan laporan yang cukup dengan biaya serendah-rendahnya.
  3. Memmenolong perusahaan memelihara persaingan.
  4. Memdiberikan pekerjaan ketatausahaan yang cermat
  5. Membuat catatan dengan biaya minimal

Fungsi Manajemen Administrasi Perkantoran

Kantor sebagai sentra serius dalam melaksanakan acara organisasi, didalamnya terhadap manusia, uang, material, metode,dan pasar sebagai sumber daya yang akan dikelola. Sumber daya tersebut diperuntukkan bagi pelaksanaan pengumpulan, pengelolaan, penyimpanan, dan penyaluran isu biar hasil pekerjaan kantor tersebut sanggup tercapai tujuan, yaitu tersedianya isu yang siap pakai, maka hendaklah diterapkan. Fungsi-fungsi manajemen terhadap sumber daya tersebut.
Proses Penerapan Menejemen manajemen Perkantoran :

1. Perencanaan
Kegiatan pertama dari pimpinan organisasi / kantor yakni menyusun perencanaan. Yaitu keseluruhan proses pedoman dan penentuan cara yang matang dari kegiatan-kegiatan yang akan dikerjakan dimasa yang akan hadir, dalam rangka pencapaian tujuan yang sudah ditentukan untuk mencapai tujuan yang dimaksud,perlu ditentukan cara mana yang harus ditempuh dengan mempertimbangkan resiko yang mungkin terjadi.Perencanaan terhadap sumber daya manajemen perkantoran perlu benar-benar dirumuskan biar sesuai dengan kebutuhan.Berapa jumlah pegawai yang dibutuhkan dan keahlian yang diharapkan, demikian pula terhadap pengadaan dan pemeliharaan peralatan, tata ruang kantor biaya dan masukana penunjang lainnya,agar tercipta tata kekerabatan yang efisien. Baca Juga Perencanaan

2. Pengorganisasian
Pengorganisasian yakni keseluruhan proses pengelompokan orang, alat-alat, tugas-tugas, tanggung balasan dan wewenang untuk membuat organisasi yang sanggup digerakkan sebagai suatu kesatuan dan kekuatan dalam rangka pencapaian tujuan yang sudah ditentukan. Pengorganisasian ialah salah satu dari banyak sekali kiprah pimpinan, sebagai langkah yang harus dilakukan dalam proses manajemen perkantoran . Baca Juga Organisasi

3. Penggerakan
Penggerakan yakni keseluruhan proses mempersembahkan motif bekerja kepada para pegawai biar mereka mau bekerja dengan tulus demi tercapainya tujuan organisasi. Rencana yang sudah dirumuskan harus dilaksanakan oleh orang-orang (para pegawai) yang terkait dalam suatu kerja sama. Untuk maksud tersebut, para pegawai perlu dirangsang untuk bekerja berdasarkan petunjuk / sistem yang sudah digariskan sehingga memerlukan penggerakkan. Dalam rangka penggerakkan tersebut, maka kegiatan yang perlu dilakukan oleh pimpinan, antara lain:
  1. Mendorong atau memdiberi semangat kerja
  2. Memdiberi pengarahan dan bimbinga kepada seluruh pegawai.
  3. Bertindak sebagai motivator, insfirator dan fasilitator bagi setiap pelaksanaan kiprah organisasi.
4. Pengawasan
Pengawasan yaitu proses pengamatan dari pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi guna menjamin biar pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai planning yang sudah ditentukan objek pengawasan dalam bidang manajemen perkantoran meliputi:
  1. Kualitas pekerjaan kantor
  2. Waktu pekerjaan kantor
  3. Meode-metode dan standardisasi pekerjaan kantor
  4. Biaya perkantoran
  5. Alat peralatan dan perabotan kantor
  6. Pelayanan kantor
  7. Dokumentasi.
Baca Juga Pengawasan
Sumber : http://id.scribd.com/doc/23203503/10/Fungsi-Manajemen-Perkantoran

0 komentar

Posting Komentar