Pembelajaran. Pembelajaran ialah suatu perjuangan sadar untuk membuat akseptor didik berguru atau suatu acara untuk membelajarkan akseptor didik. melaluiataubersamaini kata lain, pembelajaran ialah upaya membuat kondisi semoga terjadi acara belajar.
Pembelajaran |
Pengertian Pembelajaran
- Menurut Nana Sudjana pembelajaran ialah proses interaksi berguru mengajar antara siswa dan guru yang diarahkan kepada tujuan supaya siswa sanggup mencapai kompetensi sesuai yang diharapkan.
- Menurut Oemar Hamalik (2003:54) pembelajaran ialah suatu kombinasi yang tersusun mencakup unsur-unsur manusiawi, fasilitas, perlengkapan dan mekanisme yang saling menghipnotis untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri.
- Menurut Dimyati dan Mudjiono (1994: 284) pengertian pembelajaran ialah acara guru secara terprogram dalam desain instruksional yang mencakup materi, alat, metode dan sebagainya untuk membuat siswa aktif dalam mencapai tujuan peningkatan tujuan belajar.
Berdasarkan beberapa pendapat wacana pembelajaran di atas sanggup disimpulkan bahwa pembelajaran ialah suatu acara berguru mengajar yang terencana, melibatkan interaksi antara guru dan siswa yang didukung oleh materi, alat, media, dan penilaian untuk mempersembahkan menolongan atau kegampangan dalam proses berguru mengajar sanggup mencapai tujuan yang diharapkan.
Kriteria materi pembelajaran
- Materi/bahan pengajaran harus relevan terhadap tujuan instruksional yang harus dicapai.
- Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan taraf kesusahan dan kemampuan siswa dalam mendapatkan dan mengelola materi itu.
- Materi/bahan pengajaran sanggup menunjang motivasi siswa, antara lain alasannya relevan dengan pengalaman hidup seharihari siswa.
- Materi/bahan pengajaran memmenolong mengaktifkan pikiran dan acara siswa.
- Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan mekanisme pengajaran yag ditentukan.
- Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan media pelajaran yang disediakan.
0 komentar
Posting Komentar