Rabu, 05 Desember 2018

Seputar Ciri-Ciri Kreatifitas

Seputar Ciri-ciri kreatifitas ialah Rasa atau hasrat ingin tahu, bersifat terbuka terhadap pengalaman baru, berkeinginan untuk menemukan dan mereview, cenderung melaksanakan kiprah yang berat dan susah, bergairah, aktif dan memiliki pengabdian dalam melaksanakan tugas, berpikir fleksibel, menanggapi pertanyaan dan kebiasaan untuk mempersembahkan jawabanan yang lebih banyak.

Seseorang melaluiataubersamaini kreatifitas sanggup menganalisa tiruana permasalahan yang ada, serta mencari sintesisnya dan kemudian melaksanakan evaluasi. Seseorang yang berpikir divergen lebih peka terhadap aneka macam permasalahan yang dihadapi, lancar dan orisinal dalam proses berpikir, fleksibel dalam mendefinisikan dan mengelaborasi aneka macam macam persoalan.

Baca Juga

Makara sanggup dikatkan bahwa ciri-ciri kreatifitas secara umum ialah berupa kelancaran, keluwesan, orisinalitas dan Ketrampilan mengelaborasi.

Komponen / Indikator Ciri-Ciri Kreativitas

1. Kelancaran Berfikir
Kelancaran berpikir ialah ialah proses di mana seseorang bisa menghasilkan banyak wangsit atau pemecahan masalah dalam waktu yang cepat. Adapun indikator kelancaran berpikir mencakup kemampuan untuk :
  1. Mencetuskan banyak gagasan, jawabanan, penyelesaian masalah atau pertanyaan
  2. Memdiberikan banyak cara atau masukan untuk melaksanakan aneka macam hal
  3. Selalu mempersembahkan lebih dari satu jawabanan
2. Keluwesan
Keluwesan ialah ialah kemampuan untuk memakai majemuk pendekatan dalam mengatasi persoalan. Indicator dari keluwesan mencakup kemampuan :
  1. Menghasilkan gagasan, jawabanan atau pertanyaan yang bervariasi
  2. Dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang tidak samabeda
  3. Mencari banyak alternative
  4. Mampu mengubah cara pendekatan atau cara pedoman
3. Orisinalitas
Orisinalitas ialah kemampuan untuk mencetuskan gagasan atau penyelesaian wacana suatu permasalahan dengan cara yang asli, gagasan tersebut sangat jarang atau bahkan belum pernah diungkapkan sebelumnya. Definisi ketrampilan berpikir orisinal berdasarkan antara lain :
  1. Mampu melahirkan ungkapan yang gres dan unik
  2. Memikirkan cara yang tidak lazim untuk mengungkapkan diri
  3. Mampu membuat kombinasi-kombinasi yang tidak lazim dari bagian-bagian atau unsur-unsur.
4. Ketrampilan Mengelaborasi
Ketrampilan Mengelaborasi ialah ialah kemampuan untuk menyebarkan gagasan dan mengurai secara terperinci. Adapun indicator dari ketrampilan mengelaborasi sanggup disebutkan sebagai diberikut :
  1. Mampu memperkaya dan menyebarkan suatu gagasan atau produk
  2. Menambahkan atau memperinci detail-detail dari suatu obyek, gagasan, atau situasi sehingga  menjadi lebih menarikdanunik
.

0 komentar

Posting Komentar