Senin, 12 Februari 2018

Akhlak

Akhlak Secara umum Akhlak yaitu tingkah laris yang sudah ada semenjak lahir yang diperbuat oleh seseorang dengan cara yang impulsif yakni sebagai manifestasi pencerminan, serta refleksi dari jiwa serta batin atau hati seseorang. Kata susila juga sanggup dikatakan sebagai adab. sehingga istilah keduanya ini sering disama artikan.
 Secara umum Akhlak yaitu tingkah laris yang sudah ada semenjak lahir yang diperbuat oleh ses  Akhlak

Menurut Encyclopedia Brittanica, susila disebut sebagai ilmu susila yang memiliki arti sebagai studi yang sistematik tentang watak dari pengertian nilai baik, buruk, seharusnya benar, salah dan sebaginya tentang prinsip umum dan sanggup diterapkan terhadap sesuatu, selanjutnya sanggup disebut juga sebagai filsafat moral.

Baca Juga 

Menurut Abu Hamid Al Ghazali: susila yaitu ialah satu sifat yang tertanam dalam jiwa yang ada semenjak lahir. Yang mana lahir perbuatan – perbuatan simpel tanpa memikirkannya.

Menurut Muhammad Ali Asy Al Jurjani: susila yaitu ialah suatu sifat yang terdiri dari sifat baik serta jelek yang ada semenjak lahir dalam dirinya

Menurut Ahmad bin Musthafa: susila yaitu ialah suatu ilmu yang sanggup diketahui keutamaan. Nah, keutamaan inilah yang bisa mewujudkan tiga kekuatan yakni kekuatan berfikir, kekuatan syahwat serta kekuatan marah.

Menurut Ibnu Maskawaih: susila yaitu ialah sifat yang sudah tertanam dalam jiwa yang bisa mendorong untuk melaksanakan segala perbuatan tanpa perlu memerlukan pedoman serta pertimbangan

Akhlak secara istilah yaitu:
  1. Kehendak yang dibiasakan
  2. Sifat insan yang terdidik
  3. Sifat yang tertanam dalam jiwa, daripada memunculkan perbuatan- perbuatan dengan gampang, tanpa perlu pertimbangan pikiran
Akhlak yaitu suatu kekuatan dalam kehendak yang mantap, kekuatan dan kehendak mana berkombinasi membawa kecenderungan pada pemilihan  pihak yang benar (dalam hal susila yang baik) atau pihak yang jahat (dalam hal susila yang jahat).

Dari beberapa pengertian di atas, sanggup disimpulkan bahwa susila yaitu watak atau sifat seseorang, yakni keadaan jiwa yang sudah terlatih, sehingga dalam jiwa tersebut benar-benar sudah menempel sifat-sifat yang melahirkan perbuatan-perbuatan dengan simpel dan impulsif tanpa dipikirkan dan diangan-angankan lagi.

Yang menjadi objek problem susila itu yaitu qalbu manusia. Kalbu ini memunculkan sifat-sifat kehendak-kehendak, kecenderungan untuk melaksanakan suatu perbuatan dan menjadi sentra yang mengendalikan gerak seluruh anggota  badan. Sifat itu memunculkan pesan-pesan yang tidak tunggal.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Akhlak
http://www.duniapelajar.com/

0 komentar

Posting Komentar