Minggu, 04 Februari 2018

Pengertian Dan Rujukan Watak Normatif

Pengertian Dan misal Etika normatif. Merupakan Etika yang tetapkan banyak sekali sikap dan sikap yang ideal dan seharusnya dimiliki oleh insan atau apa yang seharusnya dijalankan oleh insan dan tindakan apa yang bernilai dalam hidup ini. Oleh alasannya itu Etika Normatif ialah norma-norma yang sanggup menuntun biar insan bertindak secara baik dan menghindarkan hal-hal yang buruk, sesuai dengan kaidah atau norma yang disahkan dan berlaku di masyarakat.

Etika normatif tersebut tidak lagi mengambarkan tentang gejala-gejala, melainkan tentang apa yang bahwasanya harus ialah tindakan kita. Dalam sopan santun normatif, norma-norma dinilai, dan sikap insan ditentukan. Etika Normatif memdiberi evaluasi dan himbauan kepada insan untuk bertindak sebagaimana seharusnya menurut norma-norma. dan menghimbau insan untuk bertindak yang baik dan menghindari yang tindakan yang jelek.

Etika normatif yang berkaitan dengan duduk perkara moral ialah topik  bahasan yang paling menarikdanunik. Penilaian baik dan buruk terkena tindakan seseorang atau kelompok masyarakat tertentu dalam sopan santun normatif selalu dikaitkan dengan norma  – norma yang sanggup menuntun insan untuk  bertindak secara baik dan menghindarkan hal hal yang buruk sesuai dengan kaidah dan norma yang disahkan dan yang berlaku di masyarakat.

Suatu tindakan atau perbuatan insan selalu memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapainya. Artinya ada arah dan samasukan dari tindakan atas hidup yang dijalankan. misal dari Etika Normatif. ada sopan santun yang bersifat individual menyerupai kejujuran,disiplin diri,mengerjakan tugas. Selain itu pola sopan santun normative yakni sopan santun dalam berbisnis.

misal penerapan sopan santun normatif adalah,
  1. Kebiasaan memakai NARKOBA harus sanggup dihindari alasannya sanggup merusak organ badan (menyiksa diri sendiri)
  2. Menolak kebiasaan pengguguran alasannya termasuk tindakan menghilangkan nyawa orang lain dan menyiksa diri sendiri.
  3. Dilarang menghilangkan nyawa orang lain yang tidak bersalah 
  4. Kebiasaan minum minuman keras harus sanggup dihindari, alasannya sanggup menjadikan hilangnya  kesadaran insan dan merusak organ tubuhnya.
  5. Menolak kebiasaan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) alasannya sanggup merugikan orang lain.
  6. Kebiasaan prostitusi, harus sanggup dihindari, alasannya berperihalan dengan martabat manusia.

Etika normatif tidak menggambarkan, tetapi memilih benar tidaknya suatu perbuatan. Etika normatif bertujuan merumuskan prinsip-prinsip etis yang sanggup dipertanggungjawabankan secara rasional dan sanggup dipergunakan dalam praktek.

Dikutip Dari Berbagai Sumber

0 komentar

Posting Komentar