Senin, 13 Agustus 2018

Pengertian Personil Kantor

Pengertian Personil Kantor. Kantor ialah Tempat diselenggaraknnya proses penanganan isu mulai dari menerima, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, hingga menyalurkan informasi. Untuk lebih jelasnya Berikut ialah klarifikasi singkat wacana pengertian perkantoran, macam-macam personil kantor, perangkat kerja personil kantor dan Syarat-syarat personil kantor.

 Kantor ialah Tempat diselenggaraknnya proses penanganan isu mulai dari mendapatkan Pengertian Personil Kantor


Definisi Personil Kantor

Personil kantor ialah orang-orang atau karyawan/pegawai yang menjalankan atau melayani pekerjaan-pekerjaan dalam suatu organisasi/kantor pemerintahan atau swasta untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dengan mendapat imbalan jasa berupa penghasilan dan tuntidakboleh.

Macam-Macam Personil Kantor

  1. Administrator atau petugas pelaksana administrasi. Adalah orang yang memilih garis-garis besar kebijakan dan tujuan yang harus dijalankan oleh kantor sebagai aliran dalam melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan yang sudah diputuskan
  2. Manajer. Adalah orang yang memimpin pelaksanaan kerja, menggerakan orang lain/para staf, mengelola dan mendayagunakan uang, peralatan, masukana dan pramasukana kantor untuk mencapai tujuan yang sudah diputuskan
  3. Staf atau pemmenolong ahli. Adalah para tenaga hebat yang alasannya ialah kecakapan dan kemampuan dalam bidangnya, bertugas memmenolong direktur dan manajer dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan kantor
  4. Worker atau pegawai/pekerja. Adalah para karyawan yang eksklusif digerakan oleh manajer dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan kantor.

Perangkat Kerja Personil Kantor

Umumnya perangkat kerja yang dibutuhkan berupa meja/kursi kerja, lemari arsip/filing cabinet, alat tulis, kertas tulis, komputer, mesin tik, pesawat telepon, dan lain sebagainya.

Syarat-syarat personil kantor

1.  Persyaratan pengetahuan. Biasanya diukur dengan tingkat pendidikan formal
2. Persyaratan ketrampilan. Menurut The Liang Gie, dalam buku manajemen perkantoran modern, seorang personil kantor ditetapkan terampil bekerja, apabila karyawan manajemen tersebut sudah bisa dengan baik melakukan tugas-tugas pelayanan yang mencakup beberapa aspek enam rujukan kegiatan:
  • Menghimpun
  • Mencatat
  • Mengolah
  • Menggandakan
  • Mengirim
  • Menyimpan
3.  Persyaratan kepribadian
Kepribadian ialah keseluruhan tabiat dan sifat seseorang.ciri-ciri yang menyangku kepribadian:
  • Teknik berbicara dan cara berjalan
  • Sikap tubuh pada ketika duduk
  • Sikap luwes dan cara berbusana yang harmonis diubahsuaikan dengan waktu dan acaranya
  • Sifat membersihkan dan rapi
  • Sifat yang berkaitan dengan menjaga kesehatan diri
  • Sifat yang berkaitan dengan kemampuan dari ketrampilan dalam bekerja
  • Sifat agamis yang berkaitan dengan segi kerohanian
Syarat kepribadian yang diharapkan seorang personil kantor:
  • Loyalitas (kesetiaan terhadap perusahaan) sehingga tercipta “sense of belonging” atau rasa mempunyai dan saling menjaga
  • Tekun dan rajin
  • Kesabaran
  • Kerapian
  • Dapat menyimpan rahasia

Dikutip dari banyak sekali sumber

0 komentar

Posting Komentar