Jumat, 05 Oktober 2018

Etnografi

Etnografi. Etnografi dipakai untuk mereview perilaku-perilaku insan berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi dalam setting sosial dan budaya tertentu. Etnografi mula-mula dilakukan untuk membangun tingkat-tingkat perkembangan evolusi budaya insan dari masa insan mulai muncul dipermukaan bumi hingga ke masa terkini. Etnografi, yang akarnya yaitu ilmu antropologi intinya yaitu aktivitas penelitian untuk memahami cara orang-orang diberinteraksi dan berafiliasi melalui fenomena teramati kehidupan sehari-hari. Berikut yaitu klarifikasi seputar pengertian Etnografi.

 Etnografi dipakai untuk mereview sikap  Etnografi


Definisi Etnografi

Istilah etnografi berasal dari kata ethnos yang berarti bangsa dan graphy yang berarti tulisan. Jadi, pengertian etnografi yaitu deskripsi ihwal bangsa-bangsa. Beberapa pendapat andal antropologi terkena pengertian etnografi antara lain dikemukakan oleh Spradley (2007), Spindler (1974) dan Koentjaraningrat (1990).

Secara harafiah, etnografi berarti goresan pena atau laporan ihwal suatu suku bangsa yang ditulis oleh seorang antropolog atas hasil penelitian lapangan (field work) selama sekian bulan atau sekian tahun.

Seperti dikutip dari wikipedia Etnografi juga dikenal sebagai bab dari ilmu sejarah yang mempelajari masyarakat, kelompok etnis dan gugusan etnis lainnya, etnogenesis, komposisi, perpindahan daerah tinggal, karakteristik kesejahteraan sosial, juga budaya material dan spiritual mereka. Etnografi sering diterapkan untuk mengumpulkan data empiris ihwal masyarakat dan budaya manusia. Pengumpulan data biasanya dilakukan melalui pengamatan partisipan, wawancara, kuesioner, dll. Ilmu ini bertujuan untuk menandakan keadaan masyarakat yang dipelajari (misalnya untuk menandakan seseorang, sebuah ethnos) melalui tulisan. Dalam biologi, jenis studi ini disebut "studi lapangan" atau "laporan kasus", keduanya dipakai sebagai sinonim umum untuk "etnografi".

Menurut Spradley (2007) etnografi yaitu aktivitas menguraikan dan menandakan suatu kebudayaan.

Menurut Spindler (1999) etnografi yaitu aktivitas antropologi di lapangan.

Menurut Koentjaraningrat (1990) menyampaikan bahwa isi karangan etnografi yaitu suatu deskripsi terkena kebudayaan suatu suku bangsa.

Mengacu pada pengertian-pengertian etnografi dari para andal di atas, maka sanggup disimpulkan:
  1. Etnografi intinya yaitu suatu penggambaran secara utuh terkena kebudayaan suku bangsa melalui suatu penelitian lapangan yang mendalam, dan;
  2. Etnografi yaitu suatu metode penelitian kebudayaan.

0 komentar

Posting Komentar