Minggu, 09 Desember 2018

Kabinet Pemerintahan

Kabinet Pemerintahan. Apa itu Kabinet… ? Definisi Kabinet ialah suatu tubuh yang terdiri dari pejabat pemerintah senior/level tinggi, biasanya mewakili cabang eksekutif. Kabinet sanggup pula disebut sebagai Dewan Menteri, Dewan Eksekutif, atau Komite Eksekutif, penyebutan ini tergantung pada sistem pemerintahannya dan diketuai oleh presiden atau perdana menteri sebagai pimpinan cabinet

 Definisi Kabinet ialah suatu tubuh yang terdiri dari pejabat pemerintah senior  Kabinet Pemerintahan
Kabinet Pemerintahan
Kabinet Pemerintahan. Berdasarkan sejarahnya, pertama mula kabinet ialah sebagai sub kelompok kecil dari Dewan Penasihat Monarki Inggris. Istilah ini berasal dari nama sebuah Kabinet (ruang) yang dipakai untuk mengkaji suatu masalah. 

Frase cabinet counsel, berarti nasihat yang didiberikan secara langsung kepada raja/ratu Inggris, muncul pada selesai periode ke-16, dan, mempersembahkan ejaan yang tidak baku pada masa kini, seringkali susah untuk membedakan apakah council atau counsel yang digunakan. 

Oxford English Dictionary mengutip pernyataan Francis Bacon di dalam Essaysnya (1605) dengan penerapan pertama Cabinet council, di mana hal itu dijelaskan kebiasaan asing, yang tidak disetujuinya: "Untuk mana ketidakgampangan, diktrin Italia, dan praktik Perancis, di beberapa zaman raja-raja, hath memperkenalkan cabinet counsel; cara untuk memulihkan lebih jelek daripada penyakitnya itu sendiri. Charles I memulakan "Cabinet Council" (Dewan Kabinet) yang formal dari kekuasaannya pada 1625, sebagai Dewan Penasihat Pribadi, atau "private council" (dewan pribadi), terbukti tidaklah cukup pribadi, dan penerapan pertama yang tercatat dari "cabinet" (kabinet) itu sendiri untuk suatu tubuh yang berasal dari tahun 1644, dan lagi-lagi bermusuhan dan berserikat dengan istilah yang menunjukkan praktik asing. Proses ini berulang baru-baru ini, alasannya para pemimpin merasa harus mempunyai Kabinet Dapur.

Di Indonesia, orang-orang yang berada di dalam kabinet disebut menteri, tugasnya ialah menjalankan amanat presiden dan memimpin departemen-departemen yang ada di dalam pemerintahan.

Semoga Kabinet Pemerintahan. Dapat bermanfaa. Terima Kasih
 
Referensi Wikipedia.com
.

0 komentar

Posting Komentar